icon-category Digilife

4 Fitur Baru Instagram Reels, Durasi Jadi 90 Detik hingga Pin Postingan

  • 09 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Jakob Owens/Unsplash

    Uzone.id - Instagram Reels menghadirkan beberapa fitur anyar bagi penggunanya, mulai dari durasi video reels hingga 90 detik, kemampuan menambah audio, sticker interaktif dan bisa mem-pin video atau foto di profil pengguna.

    Adam Mosseri menyebutkan kalau fitur-fitur ini dibuat secara khusus untuk para content creator, dimana mereka disebut sebagai ‘masa depan’ dari Instagram.

    Instagram Reels dengan durasi 90 detik sebenarnya sudah diuji coba beberapa bulan belakangan, dan kini fitur tersebut sudah bisa dipakai secara luas oleh pengguna Instagram.

    “Tahun lalu kami memperpanjang durasi hingga 60 detik, sekarang pengguna bisa mengunggah Reels dengan durasi 90 detik dan bercerita lebih panjang,” kata Adam Mosseri dalam video pengumuman yang ia unggah dalam akun Instagram pribadinya.

    Baca juga: Apple Pay Later Dirilis, Fanboy Indonesia Harus Tahan Hasrat ‘Ngutang’ Dulu

    Selanjutnya, pengguna bisa menambahkan audio pribadi mereka secara langsung dari galeri dan mengubahnya menjadi audio Reels. 

    Foto: Fitur baru Reels

    Selain itu, opsi audio baru yang dihadirkan Instagram adalah Sound Sync yang mana kreator bisa secara otomatis mensinkronisasi klip video mereka dengan suara audio atau musik yang dipilih.

    “Fitur ini banyak sekali diminta oleh para content creator, yaitu mengunggah audio sendiri sehingga kalian bisa mengunggah audio apapun dari galeri dan memakainya untuk Reels.” tambah Mosseri.

    Selanjutnya adalah fitur Interactive Stickers atau Stiker Interaktif untuk Reels, mulai dari stiker kuis, poll dan emoji slider ke video Reels.

    Baca juga: Si Paling Musik Harus Nyoba Spotify Pie, Flexing Genre Favorit Dulu!

    “Kami melihat bahwa kalian sangat menyukai interaktif stiker di Instagram Stories, maka dari itu kami membawanya ke Reels, mulai dari poll, quiz dan emoji slider. kalian akan mendapat cara baru untuk terhubung dengan orang lain di Reels.”

    Fitur terakhir adalah fitur Grid Pinning video atau foto tertentu ke profil pribadi. 

    Fitur Pin Foto/Reels di Instagram

    “Fitur ini memungkinkan kalian untuk mem-pin apapun baik itu video atau foto di profil pribadi,” kata Mosseri.

    Untuk menemukan fitur Pin ini, kalian hanya perlu membuka ikon titik tiga di bagian atas kanan postingan, baik itu foto atau Reels. Lalu kalian akan menemukan opsi ‘Pin to your profile’. Pengguna bisa mem-pin postingan mereka maksimal 3 video atau foto.

    “Sekarang, profil kalian adalah ruang kalian sendiri. Maka dari itu, kami terus mencari cara untuk memberi kalian lebih banyak kendali dalam ruang ini,” tutup Mosseri.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini