home ×
Digilife

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Hilang

24 March 2021 By
4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Hilang
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kehilangan ponsel hari gini pastinya bikin hidup berantakan, karena benda elektronik ini layak dianggap sudah menjadi kebutuhan premier banyak orang.

Kadang namanya lagi apes, ponsel kita hilang atau bahkan dicuri. Tapi kalian gak perlu pasrah begitu saja, karena tips dibawah ini barangkali bisa membantu melacak keberadaan ponsel kalian yang hilang.

1. Gunakan Find My Device
Barangkali anda tidak beruntung dan benar-benar kehilangan ponsel anda, segera kunjungi laman android.com/find dan masuk menggunakan akun Google terkait yang sama dengan ponsel Android anda.

Apabila tidak ada komputer di dekat anda, gunakan perangkat Android lain dan buka aplikasi Find My Device. Setelah anda masuk, Google akan segera berusaha untuk melacak ponsel anda.

Sebuah notifikasi akan dikirim ke ponsel anda yang hilang. Tekan menu bagian kiri di Find My Device untuk membuat ponsel anda bersuara (hal ini berguna apabila anda menghilangkan ponsel anda di rumah), mengunci ponsel, atau menghapus data yang ada di ponsel anda.

Apabila anda memilih mode untuk menghapus ponsel, maka anda tidak akan bisa lagi untuk melacak ponsel anda. Simpan mode ini sebagai pilihan terakhir.

Sewaktu-waktu sang pencuri mematikan ponsel anda, maka anda tidak akan bisa melacak ponsel hingga ponsel anda dinyalakan dan mendapatkan koneksi data atau Wi-Fi. Google akan mengirimkan email kepada anda setelah Google dapat melacak ponsel anda.

Setelah anda menemukan ponsel anda, masukkan kata sandi untuk mengakses ponsel anda. Anda juga mungkin dibutuhkan untuk masuk ke akun Google anda untuk memastikan bahwa ponsel tersebut tidak berada di tangan yang salah lagi.

2. Bagi Pengguna Ponsel Samsung
Kunjungi laman findmymobile.samsung.com di ponsel atau komputer lain. Masuk dengan akun Samsung anda, lalu pilih perangkat mana yang hilang. Sebuah menu akan menampilkan lokasi ponsel anda.

Mulai dengan mengunci ponsel anda, kemudian non-aktifkan Samsung Pay anda dan cegah ponsel dimatikan oleh sang pencuri. Selanjutnya, buat backup dari ponsel anda. Apabila lokasi ponsel berpindah-pindah, gunakan fitur Track location (atau lacak lokasi).

Apabila fitur Track dinyalakan, ponsel anda akan dilacak setiap 15 menit. Selanjutnya anda dapat menyalakan fitur Extend battery life (perpanjang daya baterai ponsel). Fitur ini akan menonaktifkan segala fitur ponsel anda kecuali fitur pelacakan lokasi.

3. Jangan konfrontasi sang pencuri
Apabila ponsel anda telah dicuri dan anda berhasil melacak lokasinya, jangan berusaha untuk mengambil ponsel tersebut sendirian. Anda dapat menempatkan diri anda atau orang lain dalam posisi yang berbahaya.

Hubungi penegak hukum setempat dan beritahu mereka bahwa anda memerlukan bantuan untuk memulihkan ponsel yang hilang atau dicuri. Beritahu juga bahwa anda sudah memiliki alamat dari pelacakan ponsel.

4. Hubungi penyedia nomor anda
Jika dirasa ponsel anda sudah tidak mungkin kembali ke tangan anda, telepon layanan konsumen provider atau kartu seluler anda dan laporkan bahwa ponsel anda hilang atau telah dicuri. Ikuti arahan dari provider anda.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article