home ×
Auto

4 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Jalan di Tol Trans Jawa

30 January 2019 By
4 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Jalan di Tol Trans Jawa
Share
Share
Share

Jalan tol Trans Jawa (Dok. Kementerian PU)

Uzone.id - Namanya perjalanan jauh, pasti jauh-jauh hari kamu harus mempersiapkan kondisi badan dan kendaraan yang prima.

Apalagi kalau mau berpergian menggunakan tol baru Trans Jawa. Walaupun memangkas waktu perjalanan jadi lebih singkat, ingat tetap harus waspada.

Seperti pengalaman gue menjajal tol Trans Jawa dari Bekasi ke Mojokerto, Jawa Barat. Iya sih, perjalanan sebelumnya bisa 16 jam lebih, kini hanya 9 jam saja.

Baca juga: Rute dan Tarif Lengkap Jakarta-Surabaya via Trans Jawa

Saat mengendari di jalan Tol Trans Jawa itu ada beberapa catatan yang perlu kamu tau, sehingga nantinya perjalanan kamu aman dan menyenangkan.

Jalan tak Rata

Jarak antara Bekasi-Mojokerto itu bisa 750 KM lebih, tentu saja semua tol nyambung dengan melewati beberapa ruas yang dikelola secara berbeda.

Entah ngaruh atau enggak, tiap ruas jalan tol itu gak dilapisi dengan bahan yang sama.


Maksudnya gini, di ruas Tol Cipali, jalannya dilapisi beton. Tapi, ada beberapa ruas yang mempunyai tinggi berbeda. Sehingga potensi mobil terguncang tinggi.

Di lain ruas, ada yang menggunakan aspal hitam, namun dengan kontur yang tidak rata. Alias banyak kerikil.

Sehingga, kamu perlu menjaga kondisi mobil dengan awas. Meleng sedikit bahaya mengintai.

Genangan Air

Kalau kamu pergi di musim hujan, tingkat kewaspadaan perlu ditingkatkan menjadi dua kali lipat.

Bahaya yang perlu diwaspadai adalah genangan air.

Sebab, selepas hujan deras, biasanya akan memunculkan genangan air yang nyaru dengan kondisi jalanan yang basah.

Apalagi ketika kamu lagi memacu kendaraan dengan lumayan kencang. Saat tanpa disadari menerabas genangan, akan membuat mobil kamu ngepot alias selip.

Binatang Kecil

Ini serius, karena kanan kiri jalan tol itu bukit, sawah dan atau hutan, maka gak jarang tuh binatang-binatang, kayak kupu-kupu, burung kecil dan serangga lainnya lewat.

Nah, dari pengalaman gue, binatang ini sering banget menabrak kaca mobil kamu.

Kalau serangga dan kupu-kupu, saat nabrak lumayan bikin kaget. Dan paling nyebelin sih kalau sampai bikin kotor kaca mobil, kan jadi menganggu jarak pandang.

Baca juga: Review Mobil Wuling Almaz


Sementara burung itu tuh, bahayanya sama, dan bisa bikin kaget banget.

Kurang Penerangan dan Pom Bensin

Kewaspadaan ini sih mutlak. Beberapa ruas jalan kan masih baru, jadi kamu bakal jarang menemuin rest area yang lengkap.

Lengkap itu ada kamar kecil, tempat istirahat, musholla dan pom bensin.

Pom bensin itu yang mesti hati-hati. Karena pengalaman gue, sampai harus keluar ke exit terdekat, karena tidak menemukan pom bensin.

Belum lagi penerangan yang masih belum terpasang, kalau jalan malam-malam, wajib hati-hati ya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2905 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ids Osd 16 January 2020 | 00:43:49

wah ternyata kita musti hati hati.nih lewat tol

꧁༒Hunter༒꧂, 27 October 2019 | 13:56:05

siapkan perlengkapan sebaik mungkin

DimasHardstyle 11 October 2019 | 01:32:02

dipinggir tol juga bisa ada perkotaan dan kampung juga yaa

Bagus Setya 12 June 2019 | 08:50:38

dipinggir tol juga bisa ada perkotaan, kampung, dan jalan raya

siti komah 31 May 2019 | 08:35:55

pokoknya jangan sampai ketiduran yak gaes

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id