icon-category Health

4 Makanan Ini Baik untuk Wanita Hamil

  • 26 Mar 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Apa yang perempuan makan dan minum selama hamil merupakan sumber makanan utama untuk bayi. Karena itu, para ahli merekomendasikan bahwa calon ibu perlu mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang sehat, agar bayi mendapatkan nutrisi yang penting.

    Untuk memaksimalkan nutrisi selama kehamilan, kamu perlu mengonsumsi lima kelompok makanan ini. Berikut penjelasan secara detail menurut Sarah Krieger, ahli gizi dari Florida, seperti Uzone.id kutip dari Live Science.

    Buah dan sayur

    Perempuan hamil harus fokus mengonsumsi buah dan sayur, terutama selama trimester kedua dan ketiga. Kamu bisa mengonsumsi buah atau sayur antara 5-10 ukuran bola tenis, setiap hari. Makanan warna-warni ini rendah kalori dan kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

    Protein

    Perempuan hamil harus menyertakan sumber protein yang baik di setiap sesi makan utama, untuk mendukung pertumbuhan bayi. Makanan kaya protein, seperti daging, unggas, ikan, telur, kacang, tahu, keju, dan susu.

    Whole grains

    Makanan ini merupakan sumber energi yang penting, serta kaya akan serat, zat besi, dan vitamin B. Setidaknya, setengah dari pilihan karbohidrat perempuan hamil setiap hari harus berasal whole grains, seperti oatmeal, beras merah, atau roti gandum.

    Produk olahan susu

    Kamu bisa mengonsumsi 3-4 produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju. Makanan ini merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D.

    Krieger menyarankan perempuan hamil untuk mengisi setengah piring makan mereka dengan buah dan sayur, seperempatnya dengan biji-bijian, dan seperempatnya lagi dengan protein. Produk olahan susu dapat dikonsumsi setiap sesi makan utama.

    Di samping itu, kamu perlu menghindari junk food selama kehamilan. Efek paling jelas dari makan junk food adalah berat badan ibu yang berlebihan. Perempuan hamil yang kelebihan berat badan memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi, persalinan prematur, diabetes gestasional, dan tekanan darah tinggi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : hamil kehamilan 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini