Health

4 Manfaat Acai Berry, Si Buah Super Bagi Kesehatan

  • 04 April 2017
  • Bagikan :
    4 Manfaat Acai Berry, Si Buah Super Bagi Kesehatan

    Pernah mendengar acai berry? Buah ini merupakan salah satu “superfood” yang menjadi tren konsumen masa kini. Sebenarnya apa saja manfaat acai berry bagi kesehatan?

    Dari mana asal buah acai?

    Pertama-tama, tahukah Anda bagaimana cara menyebut kata ‘acai’ yang tepat? Acai berry ini dibaca ‘asay berry’. Buah ini berasal dari jenis pohon palem yang tumbuh di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Acai berry berwarna biru keunguan, dan ukurannya kurang lebih sama dengan blueberry yang besar.

    Orang dari suku Amazon asli telah menggunakan Acai berry sebagai produk kesehatan selama bertahun-tahun. Buah ini mengandung jauh lebih banyak antioksidan dibandingkan jenis berry lainnya.

    Acai berry termasuk ke dalam buah yang sulit didapat. Selain hanya karena dijumpai di hutan hujan Brasil, pohon palem yang menghasilkan buah acai juga sangat tinggi, sehingga pemetikan buah yang dilakukan oleh penduduk setempat memiliki risiko yang tinggi. Di samping itu, proses ekspor yang dilakukan juga harus sangat cepat, karena perjalanan yang cukup memakan waktu melalui laut dapat membuat buah ini mudah busuk.

    Seperti apa rasa acai berry?

    Acai berry dapat dikonsumsi mentah, dijus, atau dibuat ke dalam ekstrak pil. Kadang, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna pada es krim atau agar-agar. Buah acai mentah terasa mirip seperti blackberry, namun dengan sedikit rasa pahit yang mirip dengan dark chocolate. Karena bijinya yang cukup besar, biasanya buah acai dikonsumsi dalam bentuk jus atau digunakan sebagai bahan suplemen harian.

    Apa saja manfaat acai berry bagi kesehatan?

    1. Melindungi dari diabetes dan penyakit jantung

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, acai berry memilki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis berry lainnya.  Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oleh proses oksidatif.

    Ketika sel-sel tubuh teroksidasi, maka lapisan luar sel akan rusak. Kerusakan ini akan menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini selanjutnya akan mengambil elektron dari sel yang sehat. Jadi, dengan adanya antioksidan, maka proses oksidasi sel dapat dicegah, sehingga dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan berbagai proses penuaan lainnya.

    2. Mencegah hipertensi dan kolesterol tinggi

    Acai berry juga mengandung asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh seperti omega-3, omega-6, dan monounsaturated oleic acid. Omega-3 dan omega-6 diketahui sebagai lemak yang baik bagi tubuh, dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ahli. Sementara itu asam oleat atau oleic acid merupakan lemak yang biasa terkandung dalam produk perawatan kulit. Semua asam lemak yang terkandung dalam buah acai diketahui dapat mencegah berbagai kondisi medis seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

    3. Kulitnya kaya akan serat dan antioksidan

    Acai berry tidak akan menjadi superfood tanpa kulitnya yang berwarna biru keunguan. Kulit buah acai mengandung serat, nutrisi, dan antioksidan yang tinggi. Jika Anda membeli suplemen acai berry, pastikan bahwa suplemen tersebut kaya akan kulit acai berry.

    4. Sehat untuk orang yang kegemukan

    Saat pertama kali diperkenalkan, buah acai diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, saat ini, masih sedikit bukti yang dapat membuktikan apakah buah acai dapat membantu program diet seseorang. Akan tetapi, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa suplemen acai berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan menurunkan risiko diabetes pada orang yang mengalami kegemukan.

    Apakah acai berry ada efek sampingnya?

    Walau acai berry telah dikonsumsi secara luas, namun hanya sedikit penelitian yang meneliti mengenai keamanan dari suplemen acai berry. Para ahli menganjurkan agar Anda berhati-hati jika sedang hamil, dan menghindari mengonsumsi buah ini jika memiliki alergi terhadap tumbuhan dari keluarga palem.

    Mengonsumsi buah acai dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan MRI. Oleh karena itu, jika Anda dijadwalkan menjalani pemeriksaan MRI, maka ada baiknya Anda memberi tahu dokter atau tidak mengonsumsi buah ini dalam waktu dekat.

     

    Tags : acai berry Kesehatan 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini