icon-category Lifestyle

4 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan Tubuh

  • 19 Dec 2018 WIB
Bagikan :

Tidur nyenyak setiap hari, karier sukses, stres berkurang, dan berat badan menurun merupakan impian bagi kebanyakan orang. Tahukah Anda bahwa hal-hal tersebut dapat Anda raih lebih mudah jika Anda tidur tanpa mengenakan pakaian alias tidur telanjang?

Dilansir dari Forbes, menurut beberapa penelitian, tidur telanjang dapat membantu Anda menjadi lebih sehat, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan percaya diri. Untuk lebih lengkapnya, simak empat manfaat tidur telanjang berikut ini:

1. Tidur Lebih Nyenyak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rochester di New York, saat tidur, otak manusia menyingkirkan protein racun dari sel neuron. Dan itu bisa dilakukan secara maksimal oleh otak ketika Anda berada dalam keadaan tidur nyenyak.

Apabila Anda tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan tidak tidur nyenyak, maka racun-racun tersebut akan tetap tinggal di sel-sel otak.

Untuk tetap memperoleh tidur nyenyak dan berkualitas, peneliti di Universitas Amsterdam menemukan fakta jika menurunkan suhu tubuh dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Cara termudah untuk menurunkan suhu tubuh tanpa mengganti suhu ruangan adalah dengan melepas semua pakaian saat tidur atau tidur dalam keadaan telanjang.

2. Mengurangi Stres

Selain bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak, tidur telanjang juga dapat membantu mengurangi stres.

Stres dapat menyebabkan kadar kortisol dalam tubuh menjadi tidak stabil. Hal itu bisa memicu terjadinya penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Risiko tersebut dapat dicegah dengan intensitas istirahat yang cukup agar kadar kortisol kembali normal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim riset Universitas Amsterdam, tidur tanpa mengenakan pakaian dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak yang juga bisa berdampak mengurangi stres.

3. Menurunkan Berat Badan

Tidur telanjang ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh US National Institute of Health, tidur telanjang dapat membuat suhu tubuh selalu dingin saat tidur.

Hal itu dapat mempercepat proses metabolisme karena tubuh Anda akan terus memproduksi lemak coklat untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.

Lemak coklat dalam tubuh dapat menghasilkan suhu panas dengan membakar kalori (300 kali lebih banyak menghasilkan suhu panas dari organ tubuh lain) dan bisa melancarkan metabolisme sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, tidur telanjang juga dapat melancarkan aliran darah Anda yang baik bagi kesehatan jantung dan otot.

4. Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi Anda. Kepercayaan diri juga dapat membuat Anda berani mencoba hal baru, menghadapi tantangan, dan bertahan saat menghadapi kesulitan.

Tidur telanjang dapat membuat Anda nyaman menjadi diri Anda, dan rasa nyaman pada diri sendiri. Ketika Anda sudah merasa seperti itu, kepercayaan diri Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Sebuah Universitas di Melbourne menemukan studi bahwa percaya diri secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat Anda lebih sukses dalam berkarier.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini