icon-category Lifestyle

4 Persiapan Penting dalam Melakukan Renovasi Rumah

  • 15 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    Renovasi merupakan rencana keuangan jangka menengah yang harus dipersiapkan dengan baik karena membutuhkan biaya besar. Orang melakukan renovasi bisa karena model rumah yang lama sudah usang atau ingin model rumah yang baru. Bisa jadi rumah yang dulu cukup untuk berdua, karena anak-anak sudah beranjak besar maka perlu kamar baru. Atau sekadar membangun garasi karena sekarang anda sudah memiliki mobil sendiri.

    (Sumber: usahaproperti.com)

    Apapun alasannya, merenovasi rumah sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang matang karena permasalahan yang muncul saat proses renovasi sedang berlangsung bisa sangat merepotkan dan berbiaya tinggi. Tentu saja karena jika anda harus membongkar ulang, maka akan ada material yang terbuang, waktu pekerja yang tetap anda bayar dan molornya waktu pelaksanaan.

    Berikut beberapa hal yang patut anda siapkan sebelum merenovasi rumah anda:

    1. Siapkan Tujuan Renovasi secara Jelas

    Tujuan yang jelas akan menyelamatkan anda dan budget anda saat perencanaan dan saat eksekusi. Dari tujuan yang jelas anda bisa merencanakan segala sesuatunya dengan lebih detail dan akibatnya kebutuhan material, pekerja dan lama pekerjaan bisa dihitung dengan lebih baik.

    Tujuan yang jelas juga akan mempermudah pengambilan keputusan saat ada masalah pada saat pelaksanaan karena semua keputusan mengacu pada tujuan renovasi.

    2. Menggunakan Perencana Profesional

    (Sumber: usahaproperti.com)

    Mempekerjakan perencana profesional memang membuat budget anda bertambah tapi secara umum akan menyelamatkan anda dari kerugian karena salah perencanaan. Dengan perencana profesional anda bukan hanya akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keinginan anda dalam bentuk gambar teknik namun anda juga akan mendapatkan berbagai pandangan dan perhitungan profesional yang dapat dipertanggungjawabkan.

    3. Melakukan Riset Harga

    (Sumber: usahaproperti.com)

    Riset harga akan menyelamatkan budget anda sangat banyak. Selisih Rp5-10 ribu saja akan menjadi berlipat ganda jika anda membelinya dalam volume yang banyak. Dan saat anda merenovasi rumah, ada banyak jenis material yang perlu anda beli dengan volume besar seperti pasir, semen, batu, genting dan semacamnya. 

    Luangkan waktu untuk berputar sekeliling area dan jangan terpaku pada harga yang paling murah karena anda juga patut memperhitungkan ongkos angkutnya. Jangan sampai diskon besar tapi ongkos angkutnya mahal karena jauh dari lokasi renovasi.

    4. Menggunakan Pelaksana Profesional

    Sebagaimana saat merencanakan, saat mengeksekusi anda juga perlu pelaksana yang bisa anda andalkan. Mungkin tidak selalu perlu menyewa kontraktor namun tukang yang bisa anda percaya baik skill dan kejujuran sudah cukup untuk membawa impian anda menjadi kenyataan. Tukang bangunan seperti itu juga termasuk pelaksana profesional.

    Penggunaan pelaksana profesional akan menyelamatkan anda dari berbagai kesalahan teknis yang perbaiknya memerlukan budget tambahan. Meskipun demikian anda tetap sangat perlu untuk turut mengawasi proses pelaksanaan karena proses ini paling krusial.

    Dengan memperhatikan faktor di atas, renovasi rumah anda akan efektif. Cukup dengan biaya terjangkau anda akan mendapatkan hasil maksimal.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini