icon-category Auto

4 Tips dari Pemerintah Agar Persiapan ‘Mudik Balas Dendam’ Happy Ending

  • 24 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Uzone.id (Bagja Pratama)

    Uzone.id - Mudik lebaran sudah di depan mata, apalagi tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Bisa dibayangkan bagaimana kondisinya nanti setelah 2 tahun di batasi.

    Pemerintah pun sebenarnya sudah menyadari hal ini, namanya sudah 2 tahunan “dilarang” mudik, maka begitu tahun ini larangan tersebut dicabut, pastinya bakal banyak masyarakat yang balas dendam untuk pulang ke kampung halaman.

    Ragam persiapan pun sudah di upayakan pemerintah, mulai dari rekayasa lalu lintas, terutama di jalan tol, menambah fasilitas rest area dan pengaturannya agar tidak terjadi penumpukan, sampai memberdayakan Pertamina Mobile.

    Baca juga: Cara Pemerintah Agar Warga +62 Mudik Gembira

    Meski begitu, kalian semua yang sudah bersiap mudik kali ini, wajib untuk mempersiapkannya dengan matang. Jangan sampai mudik gembira yang di dambakan malah menciptakan prahara.

    “Ayo pada mudik, mudiknya lebih cepet. Biar gak numpuk di puncak arus mudik. Perusahaan di himbau lebih fleksibel memberikan cuti. No worries ini memang boleh banget (mudik). Tp protokol jangan lupa, at least masker harus di pakai di keramaian,” ujar Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan RI  di Live Uzone Talks: Aturan Baru Mudik Lebaran?.

    Nah, Adita pun coba memberikan sejumlah tips untuk mempersiapkan mudik balas dendam setelah 2 tahun di larang:

    1. Segera Vaksin Bosster

    Vaksin masih jadi salah satu andalan pemerintah untuk mengendalikan pandemi, apalagi ketika mudik diperbolehkan, vaksin masih menjadi syarat bepergian.

    Agar tidak harus melakukan test PCR maupun Antigen, pemerintah mensyaratkan minimal sudah melakukan dua kali vaksin dan booster.

    “Jadi kalau udah dapat invitation, lakuin dari sekarang. Pemerintah memang bakal nyediain, tapi jangan mengandalkan itu,” tambah Adita.

    2. Cek dan Service Kelayakan Kendaraan

    Nah buat kalian yang mudiknya menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya mulai melakukan pengecekan kelayakan dari mobil itu sendiri. 

    Karena kita tau, selain perjalanan jauh, mudik juga membutuhkan kinerja ekstra dari kendaraan karena sering terjadi kemacetan di jalan.

    Sejumlah pabrikan sudah menyiapkan berbagai layanan dan promo bagi pemilik kendaraan yang melakuka service jelang libur lebaran. Jadi manfaatkan hal tersebut sedini mungkin.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru untuk Mudik Lebaran, Honda BR-V

    3. Naik Kendaraan Umum Ketimbang Naik Motor

    Pemerintah memang tidak menyarankan mudik menggunakan sepeda motor. Karena itu juga, pemerintah sudah menyiapkan transportasi umum agar lebih layak, aman dan pastinya nyaman.

    “Bahkan kita juga sudah siapkan mudik gratis melalui transportasi umum, dan para pemudik bisa tetap membawa motornya ke kampung halaman. Jadi dari pada naik motor, silakan manfaatkan fasilitas ini,” ujar Adita.

    Selain itu, karena ini transportasi umum, Adita menekankan pentingnya tetap mempersiapkan dan menjaga protokol kesehatan selama di perjalanan. “Ingat ini masih pandemi,” tambahnya.

    4. Mudik Lebih Cepat 

    Terakhir, manfaatkan cuti bersama dan kebijakan libur lebaran dari pemerintah dan perusahaan-perusahaan. Pemerintah sengaja memperpanjang libur lebaran kali ini, salah satunya agar saat jelang hari Raya tidak terjadi kemacetan.

    Dengan mudik lebih cepat, selain sudah tenang karena sudah berada di kampung halaman jauh sebelum lebaran, juga paling tidak bisa terhindar dari kerepotan-kerepotan saat kemacetan terjadi jelang-jelang hari H lebaran.

    Uzone Talks: Aturan Baru Mudik Lebaran

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini