home ×
Gadget

4 Tips Motret Produk Hanya dari Smartphone, untuk UMKM

09 October 2021 By
4 Tips Motret Produk Hanya dari Smartphone, untuk UMKM
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Memotret produk untuk kepentingan visual toko sejatinya bisa dilakukan sendiri oleh para pemilik UMKM. Diektahui, saat ini banyak smartphone beredar yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Salah satunya adalah OPPO A16.

Pengajar workshop fotografi produk UMKM, Meyani Kristina Ningrum mengatakan jika dia telah membuktikan bahwa hasil kamera smartphone untuk foto produk tidak kalah dengan apa yang dihasilkan dari kamera DSLR. Dia memberikan contoh-contoh foto yang dijepretnya menggunakan OPPO A16.

Meski menggunakan smartphone, wanita yang akrab disapa Mey ini meminta agar foto produk tidak dijepret asal-asalan. Harus ada kesan estetik dengan mempertimbangkan beberapa hal yang ada. Beberapa di antaranya seperti

1. Lighting
Lighting atau pencahayaan merupakan item penting dalam sebuah foto produk. Dalam hal ini, Mey menyarankan dua metode pencahayaan, yakni natural lighting dan artificial. Jika yang pertama mengandalkan cahaya alami yang datang dari matahari sore, yang kedua lebih mengandalkan lampu atau disarankan menggunakan ring light.

WhatsApp Image 2021-10-08 at 10.22.18

“Kita bisa memotret di teras atau di dekat jendela. Tapi harus tahu waktu yang tepat atau sering disebut golden hour untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat sehingga hasil jepretan akan maksimal,” papar Mey.

2. Angle
Sudut pengambilan atau angle foto juga harus diperhatikan agar foto produk tampil menarik. Untuk mengasah kemampuan mengambil angle yang tepat, perlu ATM, kepanjang dari Amati, Tiru dan Modifikasi.

"Sering-sering lihat foto produk milik orang lain yang ada di media sosial, lalu pelajari, praktekkan, dan sedikiti dicustom sesuai dengan karakter produk," katanya.

3. Properti
Properti juga perlu dipersiapkan sebelum memfoto produk. Gunakan barang-barang yang senada, atau bisa juga beda warna namun harus matching. Bisa juga foto produk yang tanpa menggunakan properti. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Foto Produk UMKM dari Smartphone - Meyani (1)

 

Foto Produk UMKM dari Smartphone - Meyani (6)

 

Foto Produk UMKM dari Smartphone - Meyani (4)

4. Editing
Nah, untuk yang terakhir ini bisa dipilih aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play. Foto bisa diedit atau dimodifikasi dengan menggunakan aplikasi yang nyaman dan memudahkan. Beberapa aplikasi yang disarankan Mey untuk membuat foto produk UMKM adalah lightroom mobile, remove.bg, dan juga Canva.

Mey sendiri mengaku sedang menggenggam OPPO A16 dan menjadikannya senjata untuk memfoto produk UMKM. Expert Mode dan Natural Lighting dianggapnya sebagai dua jagoan yang dibutuhkan untuk memotret produk dari smartphone.

OPPO A16 dielngkapi baterai 5000mAh menawarkan waktu penggunaan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Dengan 100 persen baterai, pengguna bisa mendapatkan 34 jam waktu panggilan, atau 21,02 jam pemutaran video Youtube berkelanjutan.

Kamera yang diusung OPPO A16 terdiri dari tiga kamera di bodi belakang dengan resolusi 13MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depan dibekali resolusi 8MP.

Selain itu demi menjaga keselamatan pengguna OPPO memberikan serangkaian perlindungan termasuk perlindungan overcharge dan over-discharge, perlindungan ini menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan.

Untuk pengisian daya di malam hari, OPPO A16 dilengkapi fitur Super Nighttime Standby dimana selama 8 jam waktu tidur (dari 23:00 hingga 07:00) perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21 persen.

Saat kapasitas baterai mencapai 5 persen atau lebih rendah, A16 menawarkan fitur the Super Power Saving Mode memungkinkan pengguna dapat menerima panggilan hingga 1,84 jam melalui telepon.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id