icon-category Startup

400 Sekolah Jawa Tengah dan Yogyakarta Bertarung di Olimpiade Pijar Sekolah

  • 09 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Pandemi masih berlangsung, namun kondisi ini ternyata tidak menyurutkan semangat ribuan peserta dari 400 sekolah yang bersemayam di Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk mengikuti olimpiade dari Pijar Sekolah.

    Platform pembelajaran digital Pijar Sekolah menggelar Olimpiade Siswa Cerdas (OSC) yang telah memasuki tahapan babak final.

    Olimpiade virtual ini diselenggarakan untuk siswa tingkat SMA/SMK/MA kelas X dan XI melalui layanan Zoom Meeting pada 4 Maret 2022.

    “Menang atau kalah, olimpiade ini menjadi bekal pengalaman berharga untuk membentuk karakter siswa-siswi yang kompetitif dan percaya diri,” ungkap Wijayanto dari OSM EGBIS Treg 4 Telkom Indonesia dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

    Baca juga: Pijar Sekolah Jadi Platform Pembelajaran Virtual yang Terintegrasi

    Sementara menurut Djufri Adrian selaku Tribe Leader Education Divisi Digital Business & Technology Telkom Indonesia, Pijar Sekolah hadir untuk memudahkan pihak sekolah memonitor perkembangan akademik siswa melalui analytic system.

    Tercatat, ada sebanyak 800 siswa dan siswi se-Jawa Tengah dan Yogyakarta bersaing dalam OSC yang jug disiarkan melalui YouTube live streaming.

    Berikut 10 besar pemenang olimpiade Pijar Mahir yang akan dibawa ke tahap olimpiade tingkat nasional:

    1) Aulia Agnes Luistin dari SMAN 1 Purwantoro
    2) Amanda Alya Destina dari SMAN 1 Purwantoro
    3) Wening Sekar Kinasih dari SMAN 1 Purwantoro
    4) Charisa Aulia dari SMAN 1 Prambanan
    5) Maulana Fatahilah Adzima dari SMAN 3 Semarang
    6) Jesse Yuliana Suriadiningrat dari SMAN 5 Purworejo
    7) Dzaky Rafiansyah dari SMA Semesta
    8) Nurul Azizah Khoirun Nisa dari SMA Al-Islam 1 Surakarta
    9) Mochammad Fariz Rifqi Rizqulloh dari SMA Semesta
    10) Faiza Kanahaya Zhafira dari SMA Al-Islam 1 Surakarta

    OSC Pijar Sekolah sejauh ini sudah hadir di daerah-daerah lain di Indonesia dan olimpiade virtual ini akan terus melanjutkan programnya. Sementara olimpiade tingkat nasional akan diadakan pada September 2022 mendatang.

    Nantinya, juara 1 akan mendapatkan laptop dan uang tunai senilai Rp25 juta, juara 2 mendapatkan ablet dan uang tunai Rp20 juta, dan juara 3 berupa smartphone dan uang tunai Rp15 juta.

    Baca juga: Telkom Luncurkan Leap, Siap Jadi Core Engine Kedaulatan Digital Indonesia

    Pijar Sekolah sendiri merupakan bagian dari Pijar, yakni Platform Indonesia Belajar yang dihadirkan Leap Telkom Digital dengan lima sub produk yang memiliki segmentasi berbeda.

    Pijar Sekolah dan Pijar Belajar untuk siswa dasar menengah, Pijar Kampus untuk perguruan tinggi, Pijar Mahir untuk usia pra kerja, dan Pijar Corpu untuk profesional.

    Pijar Sekolah menyediakan ribuan konten digital mulai dari buku digital interaktif, video pembelajaran hingga laboratorium maya. Aplikasi ini sudah diimplementasikan di lebih dari 25 sekolah di Indonesia, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dengan total ribuan siswa.

    Pijar Sekolah termasuk ke dalam bagian Leap Telkom Digital, sebuah payung produk dan layanan digital Telkom dalam mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

    Dengan Leap, diproyeksikan akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional atau sejalan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini