icon-category Technology

4G LTE di Gunung Bromo Capai 66 Mbps

  • 21 May 2017 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Layanan 4G LTE mulai bisa dirasakan sampai ke pelosok, bukan cuma di pusat kota. Seperti yang dirasakan uzone.id saat berada di Gunung Bromo.

    Gunung Bromo adalah salah satu destinasi favorit di Jawa. Bukan cuma diakhir pekan, nyaris setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung.

    Keramaian ini kemudian membuat operator seluler berlomba-lomba menyediakan layanan mereka di sana. Salah satunya Telkomsel, yang tepat sebulan lalu mengaktifkan layanan 4G LTE di Gunung Bromo.

    "Di Penanjakan 1 Gunung Bromo ada satu BTS Telkomsel yang melayani 2G, 3G, dan 4G," kata ‎VP Network Operations Management Telkomsel, Andrias Indra yang sekaligus menjadi Chief Commander untuk RAFI 2017.

    Wisatawan Gunung Bromo sibuk selfie dan mengunggah foto mereka di media sosial (Trisno Heriyanto/uzone.id)

    Tergoda dengan ucapan Andrias, uzone.id pun mencoba langsung sensasi 4G LTE di sekitar Penanjakan 1, Gunung Bromo. Hasilnya?

    Saat berada di Penanjakan 1 sinyal seluler langsung berada pada jaringan 4G. Tapi wajar rasanya, karena di lokasi ini tepat BTS Telkomsel berada. Bersebelahan dengan menara milik Angkatan Darat.

    Untuk mengakses media sosial, streaming video YouTube, atau melakukan video call melalui WhatsApp sama sekali tidak ada masalah. Tidak ada proses buffer atau menunggu yang terlalu lama.

    Saat diuji dengan aplikasi Speedtest, baru terlihat berapa kecepatan yang ada saat itu. Untuk kecepatan unduh ternyata mencapai 66 Mbps. Memang tidak stabil, dan cenderung terus menurun sampai 33 Mbps saat diuji pukul 03.00 WIB dini hari.

    Uji kecepatan 4G LTE Telkomsel menggunakan Speedtest saat berada di Penanjakan 1, Gunung Bromo. 

    Titik terendah terjadi saat Matahari mulai terbit. Di saat seperti ini memang terlihat banyak turis yang mengakses media sosial dan streaming video disaat bersamaan. Namun sepanjang pengalaman uzone.id akses internet masih bisa dirasakan tanpa masalah.

    Gunung Bromo sendiri merupakan satu dari ratusan titik yang memang menjadi fokus Telkomsel, terutama saat Lebaran dimana akan lebih banyak turis berkunjung.

    "Secara khusus kami mengidentifikasi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau objek wisata, bandara, bahkan titik exit tol. Kapasitas jaringan kami tingkatkan di lokasi-lokasi tersebut," kata Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan.

    Selain di Penanjakan 1 Telkomsel juga menyebarkan akses 4G sampai di titik pendakian menuju kawah Bromo, Pasir Berbisik, tanjakan Bukit Cinta dan Desa Wonotoro yang terletak di kaki Gunung Bromo.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini