home ×
News

5 Aksi Polisi Ini Bikin Netizen Terkagum

19 September 2017 By
5 Aksi Polisi Ini Bikin Netizen Terkagum
Share
Share
Share
Share

Sebagai abdi negara, polisi memiliki tugas untuk mengayomi dan melindungi masyarakat. Sudah sewajarnya bila polisi memberikan rasa aman kepada masyarakat, tidak melulu dengan cara menangkap penjahat. 

Seperti apa yang telah dilakukan oleh sejumlah polisi berikut ini. Aksi mereka terekam dalam lensa kamera dan viral di media sosial. Tidak sedikit netizen yang memuji bahkan terharu karena tindakan dari personel Bhayangkara ini.

Berikut ini lima aksi mengharuskan netizen yang berhasil dirangkum kumparan (kumparan.com) :

1. Menolong Pemudik yang Masuk Jurang

Cerita pertama datang dari Aiptu Rutaman. Kala itu, Rutaman membantu pemudik dari Bandung yang mengalami kecelakaan pada Lebaran lalu. 

Peristiwa tersebut terjadi pada 28 Juni 2017 pukul 01.15 WIB. Mobil milik keluarga Junaidi Husin mengalami kecelakaan di wilayah Way Kanan, Lampung.

Mobil Junaidi rusak parah karena terperosok ke jurang sedalam 15 meter. Akibat kecelakaan ini, Junaidi mengalami luka robek yang cukup parah di bagian kepala.

Mengetahui hal itu Rutaman segera membawa korban ke Rumah Sakit Way Kanan. Bukan itu saja, saa itu Junaidi kekurangan uang untuk biaya pengobatan, sebab biaya rontgen yang dipatok rumah sakit sebesar Rp 750.000 sementara dirinya hanya memiliki uang Rp 300.000.

"Setelah berobat mungkin dia nggak bawa cash saya bilang saya talangi dulu. Kebetulan saya juga cuma punya uang di kantong," ujar Rutaman.

Rutaman merasa apa yang dilakukannya bukanlah sesuatu yang spesial karena memang itu sudah menjadi tugasnya sehari-hari.

"Ya mereka bilang terima kasih. Kalau saya yang penting menolong masyarakat. Alhamdulillah sekarang korban sudah sembuh" kata Rutaman.

Tindakan Rutaman ini menjadi viral setelah Junaidi mengunggah ucapan terima kasih di media sosialnya.

 

2. Dua Polisi Bantu Ibu Hendak Melahirkan

 

Kejadian ini berlangsung di Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (29/7). Kala itu, Polisi membantu seorang perempuan yang hendak melahirkan di jalan Tol Tebet sekitar pukul 21.01 WIB. 

Perempuan yang diketahui bernama Ita itu dibawa polisi ke Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Bart. 

Cerita pertolongan dua orang polisi ini pun kemudian menjadi viral. Banyak pujian datang untuk dua polisi ini. 

Dua orang polisi yang bernama Andi Saputra dn I Kadek Arsa ini juga menyempatkan diri berfoto dengan Ita sebelum kembali bertugas.

3. Rela Seberangi Sungai agar Anak-anak Tetap Sekolah

Aksi Aipda Ishmet Ishak ini patut diacungi jempol. Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bulango, Bone Bolango, Gorontalo ini rela berbasah-basahan di dalam Sungai Bulango agar para siswa dapat berangkat ke sekolah. 

Tindakan Ishmet lalu diabadikan dalam sejumlah foto dan video yang diposting oleh netizen di lini masa. Dalam video yang beredar, tampak Bripda Ismet menggendong seorang siswa dan menggandeng tangan 2 orang siswa berseragam SD lainnya untuk menyeberangi sungai yang saat itu arusnya tengah deras.

"Bertugas di pelosok ini dari Polsek Bulango wilayah Polres Bone Bolango membuat saya lebih mengerti penderitaan para anak-anak saat mereka menyeberang sungai, saya ingin agar para siswa aman,” ujar Ishmet.

Beragam respons positif dialamatkan ke Aipda Ismet. Aksi ini bukan sekali dilakukan Aipda Ismet. Di lain hari, dia kembali terjun ke sungai, agar rakit yang dinaiki para pelajar bisa sampai dengan selamat ke pinggir sungai.

 

 

4. Tetap Sabar Meski Dibentak oleh Pemotor

 

Ketegangan seorang pengendara motor dengan polisi yang sudah berusia lanjut ini terekam kamera. Peristiwa ini terjadi di daerah Tambora, Jakarta Barat. 

Awalnya, pengendara motor laki-laki ini dihentikan oleh petugas kepolisian dari Satuan Sabhara karena melawan arah di jalur satu arah.

Bukannya mengakui kesalahan, pengendara itu malah memaki polisi bahkan menanyai identitas petugas. Dia mengaku jika mengenal atasan dari petugas yang tengah menghentikannya. Pengendara juga mengancam akan melaporkan sang polisi ke atasannya.

Namun, polisi bernama Sumino ini tidak gentar karena tindakan yang dilakukannya sudah sesuai aturan.

"Saya tahu, sampeyan itu kenal sama pimpinan saya. Enggak usah begitulah," kata Sumino ke pengendara motor tersebut.

Tindakan Aipda Sumino ini kemudian menjadi viral di media sosial. Netizen memuji Sumino sebagai sosok yang tegas dan penyabar.

 

5. Menambal Jalan yang Berlubang

 

Kondisi jalanan yang buruk membuat sebagian orang merasa terganggu. Jangankan melewatinya, melihatnya saja sudah cukup untuk mengganggu pandangan. 

Menyadari hal tersebut, salah seorang polisi terlihat sedang menambal jalan yang berlubang. Tindakan polisi yang tidak diketahui namanya ini terekam di media sosial Instagram.

Sayangnya, postingan itu disertai komentar yang dirasa kurang pantas dari akun Instagram @charlessitepu yakni, "Bayar ratusan juta ngangkati batu nutup lubang wkwkk".

Kontan saja, netizen banyak yang tidak terima dengan komentar tersebut. 

Sejumlah netizen menganggap bahwa bukanlah hal yang aneh seorang polisi membantu memperbaiki jalan yang rusak. 

Pada akhirnya, akun @charlessitepu menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh jajaran Kepolisian Indonesia. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id