icon-category Digilife

5 Alasan Memilih Aplikasi Absensi dengan Fitur Wajah untuk Karyawan

  • 09 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Aplikasi Kasir Pintar

    Uzone.id - Titip absen ketika terlambat atau tidak masuk masih menjadi kecurangan yang sering ditemukan di tempat kerja. Sebagai pemilik bisnis, anda tentu perlu mengambil tindakan nyata untuk mengantisipasi hal tersebut.

    Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi kasir pintar yang mempunyai fitur absensi berbasis facial recognition atau absensi wajah. Berikut alasannya.

    Alasan Menggunakan Sistem Absensi Berbasis Facial Recognition

    1. Proses Scan yang Praktis

    Proses scan yang ditawarkan sistem absensi berbasis facial recognition sangat praktis. Lama prosesnya bahkan jauh lebih cepat dari sistem absen konvensional yang dikenal secara luas. Karena karyawan tidak perlu repot menempelkan jari, mengambil kartu kemudian menempelkannya, atau bersusah payah mengingat password tertentu.

    Sistem absensi wajah hanya akan meminta karyawan untuk menghadapkan wajah mereka ke mesin pemindai. Sistem biometriks wajah nantinya membuat data data dari foto wajah karyawan akan diolah menjadi informasi digital. Sehingga dapat langsung mengenali wajah karyawan tepat setelah dipindai oleh mesin, sangat mudah dan praktis.

    1. Identifikasi Scan Lebih Akurat

    Fitur absensi wajah terbaru yang ditawarkan aplikasi kasir pintar mampu melakukan identifikasi scan yang lebih akurat. Itu karena sistem biometriks yang dimiliki oleh fitur tersebut, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Sehingga scan dapat dilakukan lebih akurat tidak seperti saat scan kehadiran menggunakan sidik jari.

    Pasalnya scan kehadiran menggunakan sidik jari sampai sekarang ditemukan beberapa kali mengalami masalah. Khususnya pada orang yang sidik jarinya mengelupas, terluka, terkena kotoran, air hujan, dan berbagai masalah lainnya. Sehingga mesin absensi pun menjadi sulit dalam mendeteksi dan mengidentifikasi data sidik jari tersebut.

    1. Meminimalisir Kecurangan Absen

    Identifikasi scan yang lebih akurat pada sistem absensi berbasis facial recognition membuatnya mampu meminimalisir kecurangan absen. Sebab fitur yang dihadirkan aplikasi kasir pintar ini dapat menghindari manipulasi absen kehadiran.

    Caranya yaitu dengan mengolah data data dari foto wajah karyawan yang kemudian disimpan dalam bentuk informasi digital.

    Data tersebut selanjutnya dikenali sebagai faceprint, yang digunakan pada absensi berikutnya.

    Jadi apabila ada karyawan yang ingin berbuat curang seperti titip absen dengan menggunakan foto atau trik lainnya, maka secara otomatis sistem akan menolak karena adanya kesalahan data pada absensi.

    1. Akurat Meski Minim Cahaya

    Keakuratan data yang diidentifikasi oleh sistem absensi berbasis facial recognition juga berlaku meski pada lingkungan minim cahaya.

    Sehingga apabila suatu ketika listrik sedang padam, absensi dapat tetap dilakukan. Perlu diketahui bahwa umumnya mesin absensi wajah memang telah dilengkapi baterai cadangan.

    Hal tersebut membuat aktivitas absensi pada bisnis anda pun bisa terus berjalan dengan lancar dan praktis. Identifikasinya dilakukan secara akurat dan menghindarkan anda dari kecurangan absen. Sebab biasanya pada momen momen listrik padam dan masalah sejenisnya seperti ini, ada banyak karyawan yang memanfaatkannya untuk bolos kerja.

    1. Lebih Aman

    Di era pandemi seperti sekarang, absen yang minim kontak memang lebih dianjurkan ketimbang sistem absensi menggunakan sidik jari.

    Dan fitur absensi wajah dari aplikasi kasir pintar di sini sudah jelas tidak melibatkan kontak sedikitpun dengan mesin pemindai. Sehingga dinilai jauh lebih higienis dan aman dari penyebaran penyakit menular.

    Itulah beberapa alasan kenapa anda perlu menggunakan sistem absensi wajah untuk para karyawan.

    Dalam hal ini, Olsera POS menjadi pertama dan satu satunya point of sales yang mendukung fitur tersebut. Sehingga dalam satu aplikasi ada banyak dukungan bisnis yang bisa anda peroleh. Lebih lanjut mengenai fitur ini bisa anda lihat langsung dengan mengunjungi website olsera.com.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini