home ×
Lifestyle

5 Alasan yang Sering Dipakai Siswa Saat Terlambat ke Sekolah

02 February 2018 By
5 Alasan yang Sering Dipakai Siswa Saat Terlambat ke Sekolah
Share
Share
Share
Share

Selain dikenal gemar berpindah tempat kerja, generasi milenial juga kerap mendapat 'cap' negatif karena sering datang terlambat. Baik itu datang terlambat ke sekolah, kampus, kantor, atau saat janjian bersama teman-teman.

Saat datang terlambat, tentu menimbulkan perasaan enggak enak dan takut, dong, sama teman atau bahkan guru. Nah, biasanya alasan-alasan apa aja, sih, yang sering mereka ucapkan saat datang terlambat ke sekolah?

1. Macet

Macet adalah salah satu alasan yang paling sering diucapkan para siswa saat mereka datang terlambat ke sekolah. Biar aman dan enggak kena omelan guru, makanya mereka bakal menggunakan alasan ini.

Saking seringnya alasan ini dipakai, sekarang guru-guru jadi enggak percaya lagi saat kamu menggunakan alasan ini untuk menghindari omelan dan hukuman gara-gara datang terlambat.

"Pernah waktu itu gue dateng telat ke sekolah pas lagi upacara. Terus guru BK udah 'mejeng' aja di depan gerbang, alhasil gue pakai alesan ini deh, daripada gue di suruh bersih-bersih, kan?" kata Boy, siswa di salah satu SMA Negeri Jakarta, kepada kumparan (kumparan.com), Jumat (2/2).

2. Banjir

Enggak hanya macet, banjir juga menjadi salah satu alasan yang sering diucapkan para siswa saat datang terlambat ke sekolah. 

Alasan ini biasanya dipakai para pelajar yang berdomisili di Jakarta. Tahu, sendiri, dong, kalau Jakarta sering dilanda banjir kalau lagi musim hujan. Makanya, biar aman dan enggak kena omelan guru, siswa-siswa sering banget menggunakan alasan ini saat datang terlambat.

3. Ditilang

Alasan ketiga yang kerap dikeluarkan para siswa saat datang terlambat ke sekolah adalah ditilang. Ada beberapa sekolah memang yang memperbolehkan siswanya untuk membawa kendaraan pribadi. Makanya, enggak heran alasan-alasan ini sering diucapkan para siswa saat datang terlambat ke sekolah.

Gara-gara pakai alasan ini para siswa jadi lolos dari jeratan hukuman guru BK.

"Hampir aja gue disuruh besih-bersih laboratorium gara-gara gue telat dateng ke sekolah. Terus gue pake alasan ini, dan emang gue tunjukin surat tilangnya juga, jadi aman, deh," kata Fajri, siswa di salah satu SMA Negeri Jakarta, kepada kumparan (kumparan.com).

4. Ketiduran

Nah, alasan ini biasanya dipakai sama mereka-mereka yang cinta akan kejujuran. Daripada dibilang bohong, dan nyari alasan, mereka bakal mengungkapkan alasan ini. Tapi konsekuensinya, kamu bakal kena hukuman atau biasanya kamu dapet poin merah dari guru BK kamu.

5. Pergi ke dokter

 

Alasan terakhir yang kerap diucapkan para siswa saat datang terlambat ke sekolah adalah pergi ke dokter. Alasan ini juga dianggap aman dari hukuman guru BK. 

Kalau kamu memang datang terlambat gara-gara hal ini, lebih baik kamu lampirkan surat dokter untuk bisa menyakinkan guru kamu, ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id