icon-category Health

5 Bahan Berbahaya di dalam Kosmetik Ilegal yang Bisa Merusak Kulit Kamu  

  • 20 Apr 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id-Beberapa waktu lalu, kosmetik ilegal banyak beredar di masyarakat. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengamankan kosmetik ilegal yang mengandung bahan yang semestinya tidak ada di dalam kosmetik.

    Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Beauty Clinic, dr. Anestesia Tania, SpKK, kosmetik yang ilegal berarti belum diuji oleh BPOM, dan tidak bisa kita ketahui apakah kandungannya aman bagi kulit atau tidak. Dalam beberapa kasus, kandungan berbahaya dari kosmetik ilegal malah membuat kulit iritasi, menimbulkan jerawat, bahkan bisa menyebabkan kanker.

    “Bisa jadi kandungan bahan pada kosmetik sudah berbahaya untuk kulit, kadarnya melebihi batas aman pula. Akibatnya kulit penggunanya bertambah parah,” ujar Anestesia.

    Menurut Anestesia, ada beberapa bahan yang berbahaya buat kulit yang bisa jadi terkandung dalam kosmetik ilegal. Ini mungkin demi menekan biaya produksi, supaya bisa dijual dengan murah.

    Bahan-bahan berbahaya pada kosmetik ilegal yang bisa menimbulkan bermacam-macam dampak negatif pada kulit, misalnya:

    Merkuri

    Merkuri biasa terkandung pada krim dan bedak ilegal. Merkuri mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit dan flek hitam yang sulit hilang.

    Timbal

    Kandungan ini biasa terdapat dalam pada produk kosmetik ilegal untuk mata dan bibir. Timbal juga mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan kanker kulit.

    Arsen

    Arsen biasa terkandung pada bedak dan lipstik ilegal. Arsen juga mengandung racun yang bisa menyebabkan kanker kulit.

    Rhabdomin

    Rhabdomin merupakan zat pewarna yang biasa terkandung pada lipstik ilegal yang berpotensi menyebabkan kanker pada kulit bibir.

    Silicon

    Silicon, asam lemak (isopropopil isostearate), coconut oil, dan lanolin. Keempat bahan ini bersifat komedogenik, atau menyumbat pori-pori kulit. Kalau memakai kosmetik yang terlalu banyak mengandung bahan ini, akan timbul jerawat karena pori-pori wajah yang tersumbat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini