icon-category Digilife

5 Cara Mencegah Bully Netizen di Instagram

  • 25 Nov 2019 WIB
Bagikan :

(dok. The App Factor)

Uzone.id -- Perundungan atau bully di dunia siber khususnya media sosial seperti Instagram bisa terjadi oleh siapapun. Mau itu dari kalangan artis, selebriti terkenal, kreator konten, atau orang biasa-biasa aja seperti kita.

Instagram sebagai media sosial populer skala global memang kerap menjadi wadah bully bagi para netizen di seluruh dunia. Padahal, sebagai sesama pengguna internet alias warganet, sebaiknya sudah saling menjaga sikap saat beraktivitas atau berinteraksi di ranah maya agar gak saling ‘sikut’, apalagi saling bully

Tapi gak ada salahnya juga kalau kita sebagai netizen ingin membatasi diri dari hal-hal kurang enak seperti bully di Instagram, ada beberapa cara untuk mencegahnya, nih.

Baca juga: Goo Hara Meninggal, Apa Kabar UU Sulli Law Korea?

1. Blokir komentar

Pengguna bisa mengurangi komentar di kolom komentar feed Instagram dengan memblokir akun-akun tertentu yang dianggap mengganggu ketenangan bermedsos.

Caranya: Settings > Privacy > Comments > Block Comments From > ketik nama akun yang mengganggu. Voila, kita gak akan melihat komentar racun mereka lagi.

2. Menyaring kata-kata ofensif

Masih di ranah komentar, kita memiliki kendali penuh atas konten komentar yang dilontarkan oleh orang lain. Instagram menyediakan fitur yang memungkinan pengguna menyaring kata-kata tertentu yang mungkin sering dilontarkan netizen dan mengganggu.

Caranya: Settings > Privacy > Comments > checklist Hide Offensive Comments dan Manual Filter > masukkan kata-kata ofensif yang sering muncul di kolom komentar kamu.

Baca juga: Goo Hara Bunuh Diri, Netizen Minta Setop Bully Artis

3. Matikan balasan Stories

Instagram Stories jadi salah satu fitur populer yang digunakan secara berkala oleh para penggunanya. Kita bisa meminimalisir bully dengan mematikan fitur reply di Stories, khususnya bagi orang-orang yang gak kamu follow back alias orang asing.

Caranya: Settings > Privacy > Story > Allow Message Replies > pilih Followers You Follow Back, atau Off.

4. Restrict akun

Instagram juga punya fitur yang bisa membatasi interaksi akun lain dengan akun milik kita tanpa harus memblokirnya. Siapa tahu kalian gak mau dicap sebagai orang yang tukang blokir, maka fitur ini bisa membantu untuk mengurangi interaksi tersebut.

Caranya: Settings > Privacy > Restricted Accounts > masukan akun yang diinginkan

5. Blokir, blokir blokir

Cara singkat ini memang sudah paling ampuh.

Caranya: Settings > Privacy > Blocked Accounts > masukan akun yang diinginkan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini