home ×
Technology

5 Cara Mengetahui Follower IG kamu Abal-abal

04 March 2019 By
5 Cara Mengetahui Follower IG kamu Abal-abal
Share
Share
Share
Share

 (Ilustrasi)

Uzone.id -- Berbicara medium Instagram, isinya ada beragam pengguna. Mulai dari selebgram yang tiap hari pasti mengunggah foto atau video, pengguna normal yang aktif di Stories, hingga akun-akun palsu yang niatnya cuma buat kepo!

Ngaku, deh. Minimal kamu punya satu akun palsu Instagram, ‘kan? Entah itu untuk mengikuti akun-akun online shop agar aktivitas belanja jadi bebas merdeka, sampai niat bikin akun palsu untuk kepoin orang-orang tertentu.

Atau… kamu tipe pengguna yang justru sensi banget sama akun-akun abal tersebut sampai-sampai memutuskan untuk menggembok profil kamu agar gak bisa asal dikepoin sampai dijadikan sarang spam komentar? Tos kalau gitu! Ha-ha-ha.

Baca juga: Setelah Snapchat, Instagram Siap Comot Fitur Pinterest

Berikut 5 cara sederhana yang kira-kira bisa membantumu dalam memilah request follow akun-akun gak dikenal itu.

1. Lihat nama dan foto

Hal paling mudah tentu melihat username, foto, dan bio di profilnya. Biasanya mereka pakai foto pemandangan atau orang sungguhan, tapi nama akunnya agak gak masuk akal seperti sering menggunakan angka dan gak ada maknanya. Apalagi kalau bio profilnya gak jelas, langsung kamu tendang aja dari kolom follow request!

2. Following dan follower jomplang

Ini hal yang mudah juga. Kalau akun tersebut sudah berusaha menggunakan foto dan nama yang terlihat realistis, maka saatnya mengecek jumlah following dan follower-nya.

Memang sih, gak baik nge-judge akun Instagram berdasarkan jumlah following dan follower-nya, tapi hal ini halal-halal aja jika tujuannya untuk mengeliminasi orang-orang yang minta ‘izin’ follow akun kita sendiri.

Kalau dia mengikuti ratusan sampai ribuan akun, tapi follower-nya gak sampai 20 akun bahkan nol, tandanya itu akun palsu. Apalagi… akun mereka digembok juga. Bye!

Baca juga: 5 Aplikasi Ciamik Supaya IG Stories Gak Boring

3. Lihat konten yang diunggah, komentar, dan foto di bagian tagging

Jika kebetulan mereka gak menggembok profilnya, saatnya melakukan pengecekan singkat di profilnya. Perhatikan foto-foto yang diunggah, apakah terlihat dibuat-buat.

Jangan lupa lihat kolom komentarnya, apakah isinya spam doang, ada akun sungguhan yang komentar gak. Serta, cek juga kolom ‘Photos of me’ miliknya. Itu lho, opsi paling kanan kalau mau lihat foto-foto yang pernah di-tag ke dia. Dari sini, kamu bisa menentukan sendiri apakah dia akun abal atau bukan.

via GIPHY

4. Lihat siapa yang mereka follow

Jika kamu merasa belum teryakinkan dengan foto atau nama akun mereka, saatnya mengecek siapa saja yang mereka follow jika akunnya tidak di-private.

Jika mereka mengikuti orang-orang seperti YouTuber, seleb terkenal yang menurut kalian masih normal, kemungkinan mereka bukan akun abal.

Kecuali kalau misalnya kalian merasa mereka cukup asing, kemudian menemukan beberapa orang yang kalian kenal di-follow oleh mereka tapi tidak ada teman kamu yang follow back dia, bisa jadi itu adalah akun tukang kepo.

5. Pakai feeling

Ini langkah paling jitu, karena mengandalkan intuisi sendiri. Kalau kalian dari awal merasa gak sreg karena banyak yang janggal, langsung singkirkan aja dari request follow.

Feeling-nya dipakai untuk menentukan akun palsu Instagram kadang diperlukan, gaes. Jangan cuma jadi korban baper gebetan yang sering upload Stories tapi gak kunjung balas chat kamu, hiyahiya~

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id