icon-category Auto

5 Destinasi Touring Motor Gak Jauh dari Jakarta, Murah Pula

  • 14 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Menjalani rutinitas pekerjaan di ibu kota terkadang ada saatnya otak merasa mentok berpikir sehingga butuh penyegaran sejenak atau istilah kekiniannya ‘healing’.

    Salah satu healing terbaik yang kami rekomendasikan adalah dengan melakukan touring tipis-tipis menggunakan sepeda motor ke lokasi yang tak jauh dari Jakarta.

    Melansir artikel berjudul ‘Healing Therapy of Motorcycles’ yang ditulis Danell Lynn, di balik pesan kekuatan mesin sepeda motor, ada kekuatan psikologi yang mampu menyembuhkan kepada banyak orang.

    “Perjalanan sepi untuk bepergian yang didambakan banyak pengendara memberi jalan ke jalan terbuka untuk mengurangi pemikiran terisolasi yang menyertai banyak veteran (perang) melalui perjalanan reintegrasi mereka ke dalam masyarakat setelah perang,” tulisnya.

    BACA JUGA: Kasihan Yamaha, MotoGP 2023 Cuma Andalkan Quartararo dan Morbidelli

    Tulisan artikel tersebut mungkin ada benarnya. Apalagi, Indonesia memiliki banyak tempat indah dan tentunya perjalanan dengan roda dua membuat biaya jauh lebih murah.

    Kami pun meminta rekomendasi Yakub Maulana dari Indonesia Rider Adventure (IRA), seorang veteran yang punya jam terbang tinggi melakukan touring ke destinasi yang dianggap bisa menyenangkan batin kita.

    Akrab disapa Bang Jack, ia menyebut lima destinasi yang tidak jauh dari Jakarta dengan biaya murah-meriah.

    1. Gunung Pancar

    Ilustrasi (Foto: Uzone.id)  

    Kalau kalian pernah menyambangi Mal Aeon di Sentul City, jarak antara mal ke Gunung Pancar sekitar 12 km dan memakan waktu 31 menit.

    kalian yang berada di Kawasan Jabodetabek bisa mudah menjangkau destinasi Gunung Pancar dengan menggunakan sepeda motor.

    Beberapa fasilitas yang ditawarkan Gunung Pancar di antaranya tiga Kawasan Camping Ground, yakni Bukit Batu Pandan, Lembah Pakis, dan Bukit Batu Gajah dengan didukung toilet dan listrik 24 jam.

    Asyiknya, Kawasan Gunung Pancar ini dikelilingi oleh pohon pinus seperti Kawasan wisata Cikole, Lembang, Bandung.

    Jadi, kalau kalian touring rombongan bersama geng kalian bisa memilih menginap pakai tenda. Kemudian, kalau bermalam di sini, kalian bisa ambil paket tracking dengan menyusuri kawasan Sentul dengan harga paket Rp250 ribu per orang.

    Harga tiket masuk Gunung Pancar adalah seperti berikut ini:

    • Tiket Masuk Hari Biasa: Biaya per orang Rp5.000, parkir mobil Rp10.000 dan parkir motor Rp5.000.
    • Tiket Masuk Hari Libur: Biaya per orang Rp7.500, parkir mobil Rp15.000 dan parkir motor Rp7.500.

    2. Saung Bahagia

    Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

    Destinasi wisata Saung Bahagia tak jauh dari hiruk-pikuk Ibu Kota. Kalau diukur dari gerbang tol Sirkuit Internasional Sentul ke Saung Bahagia sekitar, jaraknya sekitar 34 km dan butuh perjalanan sekiar 1,5 jam.

    Saung Bahagia memang tidak seterkenal destinasi wisata di kawasan Puncak, namun pemandangan yang disajikan bisa bikin pikiran tenang dan tenteram.

    Saung Bahagia terletak di Desa Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Alamnya yang indah dengan biaya terjangkau, kalian bisa touring ke sini lalu menginap dengan membuka tenda.

    Kalau dari arah Jakarta atau Bekasi bisa mengambil rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Sukamakmur.

    3. Gunung Batu Jonggol

    Gunung Batu Jonggol (Foto: Uzone.id)

    Wisata alam Gunung Batu masih berdekatan dengan Saung Bahagia. Kalian cuma butuh perjalanan beberapa menit saja untuk mencapai Gunung Batu Jonggol dari Saung Bahagia.

    Apa saja yang bisa kita nikmati selama di Gunung Batu Jonggol?

    Kalian akan melihat sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 875 Mdpl. Disebut Gunung Batu memang material pembentuknya adalah batu.

    Kalau kalian mau uji nyali bisa mendaki ke puncak dengan trek di atas nyaris 90 derajat. Tersedia tali untuk memanjat jika kalian ingin muncak.

    BACA JUGA: Siapa Saja Pembalap Ducati di MotoGP 2023?

    kalian bisa juga meraih puncak Gunung Batu Jonggol dengan membayar tiket masuk Rp15.000 per orang dan membayar lagi Rp5.000 per orang untuk sampai di puncak. Parkir kendaraan dikenakan Rp15.000.

    Kalau mau menginap di Gunung Batu Jonggol, tersedia tempat kemping.

    Alam di Gunung Batu Jonggol masih terbilang asri sehingga kalian bisa menemui lutung (kera hitam berekor Panjang).

    4. Curug Cipamingkis

    Ilustrasi (Uzone.id)

    Kalau ingin merasakan udara segar dengan pemandangan air terjun, Curug Cipamingkis bisa jadi tujuan touring kalian.

    Curug Cipamingkis letaknya tak jauh dari destinasi Gunung Batu Jonggol dan Saung Bahagia atau alamat tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

    Sehingga, spot wisata ini direkomendasikan bagi kalian yang ingin touring tipis-tipis dengan biaya yang murah.
    Curug Cipamingkis menawarkan paket wisata yang tergolong komplet. Selain pepohonan yang rindang, kalian bisa menikmati air tejun, kolam renang hingga spot-spot selfie.

    Fasilitas yang tersedia di Curug Cipamingkis di antaranya area parkir, toilet, mushola, penjual makanan, dan minuman serta area Camping.

    Kalau kalian ingin menginap pun sudah tersedia villa atau penginapan yang sengaja dibuat untuk para pengunjung.

    Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp35.000 (weekdays) dan Rp40.000 (weekend).

    Parkir motor Rp5000 dan parkir mobil Rp10.000. Harga villa atau penginapan per malam Rp1.500.000 hingga paling mahal Rp1.800.000.

    5. Rawa Gede

    Ilustrasi (Uzone.id)

    Wisata gunung sudah, air terjun sudah, rekomendasi touring berikutnya adalah destinasi Rawa Gede yang menyajikan keindahan danau di dataran tinggi 800 Mdpl.

    Bagi kalian yang tinggal di kawasan Jabodetabek, Rawa Gede mudah dijangkau karena spotnya tak jauh dari Gunung Batu Jonggol, Cipamingkis dan Saung Bahagia.

    Rawa Gede masuk wilayah Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Asyiknya menikmati keindahan alam di Rawa Gede adalah dengan kemping membuka tenda. Harganya pun murah, dikenakan biaya tambahan Rp10 ribu per orang.

    Banyak spot selfie tersedia di area seperti jembatan kayu yang menjorok ke danau serta ada jembatan apung.

    Sebetulnya, berwisata di Rawa Gede tak cuma menyajikan keindahan danau saja, kalian bisa datangi curug yang ada di kawasan tersebut.

    Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang yang airnya begitu menyegarkan karena dialirkan langsung dari curug.

    Ada tempat penginapan dengan harga sewa per malam Rp400 ribu di week days dan Rp500 ribu per malam di week end.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini