icon-category Digilife

5 Faedah Notes Instagram, Fitur Baru untuk Pamer Gabutnya Netizen

  • 16 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Foto: dok. Meta

Uzone.id – Instagram tak ada habisnya memberi kejutan kepada para penggunanya. Media sosial satu ini merilis fitur Notes yang berada di dalam laman DM (Direct Message). Kehadirannya dianggap membingungkan, ada juga yang tetap seru-seruan.

Kalau kita melihat postingan Mark Zuckerberg sebagai CEO Meta, induk perusahaan yang menaungi Instagram, dia memperkenalkan Notes ini sebagai wadah untuk berbagi pikiran, bertanya, hingga pasang status.

Gak heran jika banyak yang bingung, karena selama ini semua aktivitas yang ia sebut itu sudah difasilitasi di dalam fitur Stories.

Baca juga: Mengenal Notes Instagram, Fitur Baru yang Bisa Pasang Status

Lalu, apa faedahnya, dong?

Dari pengamatan Uzone, mari kita bungkus menjadi 5 faedah buat kalian yang memang mencari tempat untuk menyalurkan ‘kegabutan’, semoga memang benar-benar berfaedah, ya.

1. ‘Pengganti’ Twitter
Kalian pernah nggak sih, mau curhat atau nulis sesuatu tapi merasa kurang cocok jika dipublikasikan di Instagram Stories, lalu beralih ke Twitter?

Entah cuma buat ngeluh “laper deh”, atau mau pamer “habis beli sepatu Rp2 juta, dikasih bonus tas”, fitur Notes Instagram ini dapat dimanfaatkan, lho.

Anggap saja Zuckerberg memang ingin kalian menghemat waktu agar nggak kebanyakan buka aplikasi media sosial cuma buat curhat – semuanya berusaha diakomodir di satu aplikasi saja, yakni Instagram.

2. Kasih ‘kode’ ke gebetan
Tampaknya ini menjadi fungsi paling populer bagi netizen Indonesia. Jika chat kalian di WhatsApp masih ‘dikacangin’, mungkin bisa manfaatkan fitur Notes Instagram.

3. Jadi lahan curhatan selebriti, influencer, sampai presiden
Kalian sadar nggak, fitur Notes Instagram ini cuma bisa dilihat oleh follower yang kita follow back?

Biasanya, para akun-akun dengan centang biru yang kita follow itu belum tentu mereka follow kita. Mulai dari influencer, selebriti ternama, atlet, hingga tokoh pemerintah seperti menteri dan presiden.

Nah, siapapun yang baca ini, kalian para pesohor jagat maya, silakan manfaatkan Notes Instagram untuk curhat, nyinyirin netizen yang julid, hingga berkeluh kesah. Kita, sebagai follower kalian, nggak bakal bisa lihat, kok.

4. Gak bakal ‘nyampah’
Di dalam laman Stories, semua postingan kita bisa dilihat secara runut dengan melakukan tapping layar. Berbeda dengan Notes, kita bisa mengganti status kita sebanyak mungkin tanpa merasa “nyampah” karena setiap status baru itu sifatnya menggantikan status sebelumnya.

Dengan kata lain, status kita yang muncul di Notes itu memang hanya satu saja yang terlihat.

5. Menghibur kegabutan kalian
Merasa nggak punya ide buat ditulis di dalam Notes? Gak masalah. Kalian bisa terhibur dengan sendirinya dengan melihat status teman-teman yang muncul.

Kalau merasa terganggu, sejauh ini Instagram belum memberikan hilal mengenai fungsi menyembunyikan kolom Notes di DM. Yang sabar ya, gak usah dibawa kesal. Nanti cepat keriput.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini