5 Fakta di Balik Festival Belanja 11.11 Rintisan Alibaba
Konferensi pers Lazada 11.11 di Jakarta. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Uzone.id - Seperti yang sudah kamu tahu atau baca di sini, festival belanja 11.11 sebenarnya merupakan transformasi dari Singles’ Day atau Anti-Valeintine’s Day di China.Pada 2009, Alibaba dan pendirinya, Jack Ma, berhasil mengubah hari perayaan bagi jomblo tersebut menjadi festival belanja global.
Mengutip newsroom Alibaba, selama lebih dari satu dekade belakangan, 11.11 telah berevolusi dari kampanye promosi belanja untuk menarik minat konsumen pada Tmall yang baru diluncurkan Alibaba, hingga kini menjadi festival belanja satu hari terbesar di dunia.
Ada banyak fakta menarik di balik festival belanja 11.11, beberapa di antaranya:
Gak cuma sehari, tapi berlangsung 20 hari
Tahun lalu, Alibaba menggelar festival belanja 11.11 dengan serangkaian acara. Pertama, “See Now Buy Now” yang merupakan peragaan busana interaktif di berbagai platform milik Alibaba. Sepuluh hari setelahnya, Alibaba menghadirkan pertunjukkan lain yang mengungkapkan “daftar rekomendasi barang yang harus dibeli”.
Baca juga: Nih, 5 Tips Belanja Online di Harbolnas 11.11 Supaya Gak Kalap
Taylor Swift hadir di 11.11 Countdown Gala Alibaba 2019
Puncaknya, Alibaba menyelenggarakan Gala 11/11 atau 11.11 Countdown Gala Alibaba yang juga disiarkan di televisi. Ini adalah sebuah acara hiburan yang disiarkan langsung menjelang dimulainya penyelenggaraan hari belanja terbesar di dunia: 11.11.
Tahun ini, Taylor Swift turut memeriahkan 11.11 Countdown Gala Alibaba. Taylor Swift tampil di Mercedes Benz Arena, Shanghai bersama sederet selebriti internasional dan Tiongkok.
Acara 11.11 Countdown Gala Alibaba kali pertama diadakan pada 2015
Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2015, gala hitung mundur ini menjadi acara bertaburan bintang, yang menghadirkan para selebriti dari seluruh dunia, termasuk bintang papan atas Nicole Kidman, Scarlett Johansson, Mariah Carey dan Pharrell Williams hingga bintang olah raga seperti David Beckham, Maria Sharapova dan Kobe Bryant.
Baca juga: Sejarah Hari Belanja Online 11.11, Bermula dari Hari Jomblo di China
Penonton berpartisipasi lewat game
Dalam perhelatan 11.11 Countdown Gala Alibaba, pengunjung gak cuma menonton dan membeli, tapi juga aktif ambil bagian.
Contohnya, penonton diminta untuk memberikan voting pada hasil pertunjukan, bermain game untuk mendapatkan penawaran khusus,dan lainnya. Di luar acara, ada pula game interaktif seperti berburu harta karun dan augmented reality games.
Festival belanja 11.11 berlangsung di seluruh ekosistem Alibaba
Mengutip Forbes, festival belanja 11.11 tidak hanya berlangsung di satu situs belanja, tapi juga di seluruh ekosistem Alibaba. Selain Tmall, ada Taobao, Lazada, Ele.me (platform layanan pengiriman online), Rural Taobao, dan lainnya.