home ×
Digilife

5 Fakta Fitur Manage Comments di Instagram

20 May 2020 By
5 Fakta Fitur Manage Comments di Instagram
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Instagram kembali meluncurkan beberapa fitur baru yang fokus pada kesehatan mental pengguna di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Salah satu fitur tersebut adalah Manage Comments.

Fitur tersebut hadir untuk melanjutkan komitmen Instagram dalam membangun interaksi online yang aman dan positif.

“Memastikan anak muda merasa aman dan nyaman saat mengakses Instagram adalah hal yang penting bagi kami. Kami memahami isu perundungan dan kesehatan mental adalah isu yang kompleks bagi anak muda di era digital, terutama di tengah pandemi Covid-19," jelas Philip Chua, Kepala Kebijakan Instagram Asia Pasifik dalam Konferensi Pers Peluncuran Fitur Baru dan Kampanye #REALTALK Instagram secara online pada Selasa (19/5).

Buat kalian yang ingin tahu lebih jauh, berikut lima fakta fitur Manage Comments di Intagram.

Bisa hapus komentar negatif

Fitur Manage Comments membantu pengguna untuk menghapus komentar negatif, memblokir maupun membatasi hingga 25 akun sekaligus.

Baca juga: Ariel Tatum Blak-Blakan Soal Komentar Negatif Netizen

Fitur ada di ikon titik tiga di kanan atas

Ketika kalian membuka kolom komentar di salah satu unggahan di Instagram, Fitur Manage Comments ada di ikon titik tiga horizontal di kanan atas. Ikon tersebut ada di sebelah Comments. Ketika kalian klik ikon itu, layar akan menampilkan pilihan Manage Comments dan Comment Controls.

Saat kalian pilih Manage Comments, kalian bisa memilih komentar-komentar yang ingin kalian hapus. Setelah memilih, klik Delete.

Dalam kesempatan yang sama, Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik mengatakan, “Fitur ini ada yang bisa user sendiri yang menseleksi komentar yang mau difilter, dan untuk yang terbaru itu orang punya kebebasan memfilter komentas apa saja yang mau mereka hapus.”

Kendali penuh di tangan pemilik akun

Manage Comments memberikan kendali penuh kepada pemilik akun. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada pula fitur Comment Controls. Fitur ini memungkinkan pengguna menyaring atau menyembunyikan kata-kata tertentu di komentar.

Baca juga: Fitur Guides di Instagram, Bantu Atasi Kecemasan saat Pandemi Corona

“Misalnya, kita enggak mau ada kata, misalnya (maaf) gendut, kata itu bisa dimasukkan ke Comment Controls, dan secara otomatis kata itu tidak akan muncul lagi di komentar dan Direct Messages (DM) orang tersebut,” ujar Putri.

Untuk menyembunyikan kata-kata negatif di komentar, kalian bisa memilih Comment Controls > Choose Words To Hide > Manual Filter > tulis komentar yang mau kalian filter.

Machine learning untuk kata-kata yang bersifat menyerang

Di samping itu, Instagram memiliki machine learning untuk memberi tahu kata-kata yang bersifat menyerang.
“Machine learning yang setiap kali di-improve untuk kita ajarin kata-kata yang bersifat menyerang atau perundungan untuk bisa dihapus secara otomatis dari Instagram,” ujar Putri.

Sudah tersedia di Indonesia

Instagram telah mengerjakan banyak hal untuk membuat para pengguna tetap aman dengan meluncurkan beberapa fitur baru. Philip menyatakan bahwa fitur d Manage Comments sudah tersedia di Indonesia sejak minggu lalu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Onii Chan 21 May 2020 | 07:40:15

bagus dah kalau begitu

Yumna Prakoso 20 May 2020 | 16:01:19

wah instagram makin mantap aja ya fiturnya hehehe

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article