Digilife

5 Fakta Menarik Kolaborasi BTS dan Coldplay, Paling Ditunggu Netizen

  • 27 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: BTS & Coldplay (Twitter: @BTS_twt)

    Uzone.id - Kolaborasi BTS dan Coldplay dengan lagu My Universe sukses menarik perhatian masyarakat dunia. Reaksi dan antusiasme warganet memenuhi laman sosial media dan hastag mengenai kolaborasi ini sempat bertengger di trending topic dunia.

    Kolaborasi antara dua grup besar dunia beda negara ini memang sangat dinantikan oleh warganet, termasuk penggemar dan penikmat musik. Bagaimana tidak, Coldplay adalah salah satu band yang mempunyai basis penggemar yang cukup besar dari berbagai kalangan di dunia, begitupun BTS yang memiliki fanbase yang sama kuatnya.

    Dibalik kolaborasi ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Berikut diantaranya

    Chris Martin jauh-jauh pergi ke Korea 

    Untuk mewujudkan kolaborasi ini, sang vokalis dari Coldplay berangkat ke Korea Selatan untuk menemui para anggota BTS secara langsung dan merekam lagu bersama.

    Chris Martin juga rela melakukan karantina di Korea Selatan selama dua minggu demi mewujudkan kolaborasi ini. 

    Banyak Netizen terharu dan menghormati perjuangan Chris Martin ini, bahkan pada saat video dokumenter mengenai proses rekaman lagu ini dirilis, nama Chris Martin menjadi trending topik di Indonesia dan banyak yang memuji totalitasnya dalam kolaborasi ini.

    Kuasai tangga lagu dunia

    Tak lama setelah dirilis di berbagai platform musik dunia, lagu My Universe merajai berbagai tangga lagu dunia. Video lirik yang dirilis di channel YouTube resmi milik Coldplay pun mengumpulkan lebih dari 10 juta views di hari pertama.

    Di Spotify, My Universe langsung melesat menempati posisi pertama New Music Friday dan posisi ketiga di Today’s Tops Hits. Lagu ini juga menempati posisi pertama di iTunes USA dan beberapa negara lainnya.

    Termasuk di platform musik Korea Selatan seperti MelOn dan Bugs. Bahkan lagu My Universe menjadi lagu pertama yang menempati posisi tertinggi di MelOn setelah pergantian sistem.

    Masuk Top 5 lagu paling popular Coldplay di Spotify

    Coldplay memiliki lagu-lagu hits yang lebih dulu dirilis, bahkan lagu-lagu tersebut telah menyentuh angka ratusan bahkan satu miliar pendengar di Spotify. Hadirnya lagu terbaru My Universe ini ternyata berhasil masuk ke lima besar lagu Coldplay yang paling populer.

    Lima lagu teratas dan paling populer Coldplay di Spotify adalah Yellow, The Scientist, Something Just Like This, My Universe, dan Higher Power.

    WhatsApp Image 2021-09-27 at 11.06.08 AM

    Project penggemar BTS dan Coldplay

    Dua basis penggemar BTS dan Coldplay juga ikut berkolaborasi untuk memeriahkan kolaborasi ini. Army (nama penggemar BTS) dan Coldplayers (nama penggemar Coldplay) mengadakan pesta streaming untuk menaikkan chart di tangga lagu dunia termasuk di Inggris. Mereka berkumpul di sosial media seperti Twitter untuk memeriahkan project ini.

    BTS merupakan penggemar Coldplay

    Beberapa anggota BTS ternyata telah menjadi penggemar setia Coldplay. Adanya kolaborasi ini menjadi sebuah dream comes true bagi mereka. Ternyata kolaborasi ini bukan interaksi pertama keduanya.

    BTS pernah mengcover lagu Fix You di sebuah acara dan Coldplay memberikan izin terbuka bagi mereka. Chris Martin sendiri jarang memberi izin pada penyanyi lain untuk menyanyikan lagu ini, namun BTS akhirnya mendapat kesempatan langka dan izin langsung dari pencipta lagu Fix You tersebut.