Sport

5 Fakta Jonatan Christie, Main Film Sampai Diberikan Raket oleh Taufik Hidayat

  • 28 August 2018
  • Bagikan :

    Uzone.id - Jonatan Christie, atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, tengah menjadi buah bibir banyak orang. Laki-laki yang akrab disapa Jojo ini sukses meraih medali emas Asian Games 2018, setelah melawan Chou Tien Chen dari Taiwan di final, Selasa (28/8).

    Aksi Jojo di lapangan juga menarik perhatian banyak orang. Bayangkan saja, saat bertanding melawan Kenta Nishimoto dari Jepang, Senin (27/8), Jojo mengepel lantai lapangan menggunakan handuknya sendiri. Bahkan, banyak warganet membuat meme kocak atas aksinya ini.

    Di balik itu semua, masih terdapat pula banyak fakta menarik tentang Jojo. Apa saja?

    Mulai berolahraga bulu tangkis sejak kecil

    Pria kelahiran 15 September 1997 ini mulai berolahraga bulu tangkis sejak kelas satu sekolah dasar. Waktu itu, Jojo mengikuti ekstrakurikuler bulu tangkis. Bahkan, Jojo juga mengikut ekstrakurikuler basket, taekwondo, dan sepak bola.

    See you soon istora ???? Photo : gettyimages

    A post shared by Jonatan Christie (@jonatanchristieofficial) on

    Namun mengutip Badzine, ayahnya mendorongnya untuk memilih badminton, bukan yang lain. Alasannya sederhana, karena ayahnya tidak ingin warna kulit Jojo menjadi hitam dan bulu tangkis adalah pilihan yang tepat.

    Dulu lebih suka berenang, daripada bulu tangkis

    Ketika Jojo mengikuti ekstrakurikuler bulu tangkis, sebenarnya dia tidak terlalu tertarik. Mengutip Badzine, dia malah tidak tahu apa-apa tentang bulu tangkis. Dia lebih tertarik berenang ketika itu. Ketika masih di taman kanak-kanak, Jojo pernah meraih juara pertama kompetisi renang.

    Jojo diberikan raket oleh Taufik Hidayat

    Setelah diberikan raket oleh Taufik Hidayat pada 2013, Jojo menjadi sorotan ranah bulu tangkis Indonesia. Raket itu diserahkan saat acara perpisahan Taufik Hidayat yang hendak pensiun.

    Mengutip Badzine, Jojo mengatakan, “Taufik Hidayat adalah salah satu panutan saya dalam badminton. Jadi ketika secara simbolis dipilih Taufik sebagai penerusnya, sedikit banyak membantu meningkatkan rasa percaya diri saya. Hal itu juga menjadi motivasi saya untuk bisa seperti dia atau bahkan lebih.”

    Jojo berharap, Taufik tidak memberikan raket kepada orang yang salah.

    Selain Taufik Hidayat, Jojo juga mengagumi Lin Dan

    Jojo mengagumi Taufik Hidayat dan Lin Dan (atlet bulu tangkis asal China). Seperti diungkapkan sebelumnya, Taufik Hidayat adalah panutan Jojo.

    #LinDan is through for the next round of Malaysia Open 2018.

    A post shared by LIN DAN FANBASE ???? (@lindan.world) on

    Sementara Lin Dan, Jojo sangat menyukai gaya permainannya. Melihat Lin Dan bermain menjadi hal menyenangkan bagi Jojo. Jojo juga belajar banyak teknik dari Lin Dan.

    Pernah main film King

    Jojo pernah berperan dalam film King. Film asal Indonesia ini berkisah tentang perjuangan dan perjalanan panjang seorang anak dalam meraih cita-cita menjadi juara bulu tangkis. Di film ini, Jojo berperan sebagai Arya, tokoh antagonis yang memusuhi tokoh utama bernama Guntur.

    Meski pernah berkecimpung di dunia film, Jojo mengaku tetap memiliki passion sebagai pemain badminton. Bahkan mengutip Badzine, Jojo kerap menerima tawaran untuk memainkan peran dalam film beberapa kali, namun dia menolak.

    Jojo sudah memiliki target yang ingin dia raih dalam bermain bulu tangkis. Dia ingin membuat Indonesia bangga dengan memenangkan turnamen bergengsi. Mengutip situs resmi Asian Games 2018, dia berambisi mengikuti pertandingan di Olimpiade 2020 di Tokyo.