icon-category Gadget

5 Fakta tentang Layar Galaxy Fold, Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Beli

  • 13 Dec 2019 WIB
Bagikan :

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Sebagai ponsel pintar yang mengusung konsep baru berupa foldable alias layar yang bisa dilipat dan harga yang mahal, wajar jika Galaxy Fold mendapatkan perhatian khusus. 

Samsung menjual Galaxy Fold melalui pre-order yang dibuka pada Jumat (13/12). Harga ponsel ini sebesar Rp30,888 juta. 

Perjalanan panjang Galaxy Fold sampai benar-benar dijual di beberapa negara termasuk Indonesia dipenuhi beberapa kritik. Salah satunya insiden kerusakan pada layar yang sempat bikin heboh, padahal masa penjualan global belum dimulai.

Baca juga: Seberapa Kuat Galaxy Fold?

Kini Galaxy Fold sudah resmi dipasarkan, tentu ada beberapa fakta menarik tentang layarnya yang menjadi perhatian khusus sejak kerusakan. Baca terus kalau penasaran.

1. Layar depan (cover) kuat, gak?

Kalau posisinya lagi dilipat, layar depan Galaxy Fold ukurannya memang mungil, yakni 4,6 inci. Pihak Samsung meyakini kalau layar cover itu harusnya kuat, karena sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 6.

2. Layar utama bukan kaca

Dijelaskan Product Marketing Manager Samsung Indonesia Taufiq Furqan, layar Galaxy Fold mengusung polymide, material ringan yang bisa dilipat-lipat secara fleksibel.

“Tentu Galaxy Fold ini layarnya bukan dari glass [kaca] ya karena kalau glass itu gak bisa lentur seperti polymide,” ungkap Taufiq.

Bahan polymide ini melapisi layar yang berukuran 7,3 inci, panelnya OLED dengan teknologi AMOLED.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

3. Bisa pakai anti-gores?

Dari penuturan Taufiq, belum tersedia anti-gores untuk layar utama yang bisa dilipat.

“Belum tersedia sih anti-gores buat layar lipatnya, tapi sebenarnya sudah cukup aman karena kita sudah melapisi protektor bawaan saat diproduksi,” lanjut Taufiq.

4. Apa yang diubah dari kerusakan layar sebelumnya?

Kalau kalian masih ingat, insiden yang terjadi di bulan April lalu itu kebanyakan mengeluhkan bahwa ada lapisan layarnya copot dan gak bisa digunakan.

Taufiq pun menjelaskan hal yang diperbaiki dari kerusakan sebelumnya.

“Kita perbaiki screen protector atau pelindung layarnya dan dilebarkan sampai ke atas layar supaya gak bikin bingung pengguna dan mengira itu lapisan plastik yang bisa dibuka. Teknologi pelindungnya juga sudah kita improve biar lebih aman,” tutur Taufiq.

Baca juga: Baru Pre-order, Galaxy Fold Ludes 31 Menit

5. Kalau rusak, biayanya Rp9 juta!

Samsung memang memberikan garansi 1 tahun untuk perbaikan layar. Di luar garansi, atau jika garansinya sudah habis dan pengguna mengalami kerusakan layar, biayanya cukup fantastis.

“Kalau masih pakai garansi, bayarnya cuma Rp2 juta. Tapi kalau di luar garansi, biaya perbaikan layar ini bisa mencapai Rp9 juta,” tutup Taufiq.

Spesifikasi lengkap Galaxy Fold

  • Layar: 7,3 inci AMOLED; 4,6 inci Gorilla Glass
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 855
  • Kamera: (bagian belakang) 12MP wide-angle + 12MP telephoto + 16MP ultra-wide; (bagian cover) 10MP wide-angle; (bagian dalam layar/selfie) 10MP ultra-wide + 8MP depth sensor
  • Baterai: 4.380 mAh
  • RAM: 12GB
  • ROM: 512GB
  • Warna: hitam dan silver
  • Harga: Rp30,888 juta
  • Ketersediaan: pre-order

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini