home ×
Gadget

5 Fitur di iPhone 12 yang Harusnya Ada Juga di Android

21 October 2020 By
5 Fitur di iPhone 12 yang Harusnya Ada Juga di Android
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Meski banyak orang yang kecewa karena iPhone dijual terlalu mahal dan desainnya itu-itu saja, namun kita semua menyadari jika Apple mampu mempengaruhi industri smartphone. Mulai dari desain yang dicontek, sampai fitur-fitur baru yang dibenci namun ternyata dicontek oleh smartphone lain.

Dengan kehadiran iPhone 12 dan iPhone 12 Pro series, Apple lagi-lagi memperkenalkan serangkaian fitur baru. Dipercaya, beberapa fitur akan diadopsi oleh smartphone-smartphone berbasis Android dalam beberapa waktu ke depan.

Menurut laman Neowin, Rabu, 21 Oktober 2020, berikut ini, 5 fitur di iPhone 12 yang dianggap harus ada juga di smartphone Android.

MagSafe
MagSafe sejatinya sudah menjadi ciri khas MacBook yang sempat dihilangkan Apple sejak 2016 lalu. Kini teknologi MagSafe ada di iPhone, memungkinkan pengguna untuk menempelkan asesoris, casinga tau charger dengan mudah ditempelkan di belakang bodi iPhone. Tinggal tempel dan lepas, karena magnet yang ada di dalamnya. Bisa juga menempatkan MagSafe Wallet di atas iPhone.

appleinsider-magsafe-iphone-12

MagSafe juga dianggal bisa menjadi solusi dari wireless charging. Pasalnya, penting bagi pengguna untuk menempatkan pengisian daya nirkabel ke iPhone dengan hati-hati untuk memastikan kumparannya sejajar dengan sempurna, jika tidak maka tak akan terisi.

Mini Flagship
Apple juga pernah menjadi trendsetter saat menghadirkan jajaran smartphone dengan ukuran berbeda. Ada Plus, Max, juga Pro. Kini mereka hadir kembali dengan versi Mini. iPhone 12 Mini diklaim sebagai ponsel 5G terkecil dan teringan di dunia saat ini.

iPhone 12 Mini memang memiliki jaringan 5G dan belum ada smartphone 5G yang punya ukuran layar 5.4 inci. Bahkan jika bicara 4G pun belum ada smartphone Android yang punya ukuran kurang dari 6 inci.

iphone-12-pro-3

Dolby Vision HDR Recording
Saat ini banyak flagship Android yang mengklaim bisa merekam video 8K walau kualitas dan implementasinya belum terlalu sempurna. Apple memang tidak membuat jajaran iPhone 12 untuk bisa merekam 8K namun ternyata kemampuannya lebih dari itu. Chip Bionic A14 di iPhone 12 ternyata menjadi smartphone pertama di dunia yang bisa merekam video format Dolby Vision HDR, juga resolusi 4K 60fps.

Bahkan proses pengeditan video bisa langsung dilakukan di iPhone 12. Yang menarik, perekaman video Dolby Vision HDR bisa dilakukan baik di kamera utama maupun menggunakan kamera depan/selfie.

Kabarnya, chip flagship Qualcomm Snapdragon 865 mendukung perekaman video Dolby Vision HDR namun belum ada vendor smartphone yang mengimplementasikannya. Mungkin di 2021 Samsung akan memulainya.

Sensor-shift stabilization
Smartphone Android rata-rata sudah memiliki teknologi stabilisasi video yang disebut OIS. Namun Apple lebih memilih menggunakan sensor-shift image stabilization, walau hanya ada di iPhone 12 Pro Max, dan dilengkapi di kamera utama 12MP untuk menghadirkan stabilisasi yang lebih tinggi.

Teknologi ini biasanya ditemukan di kamera mirrorless. Prosesnya, sensor kamera digerakkan untuk menangkal gerakan apa pun.

Smart Data Mode
Saat ini, jangkauan jaringan 5G tidak stabil dan modemnya tidak efisien. 5G dianggap akan membuat baterai boros. Untuk mengatasi masalah ini, seri iPhone 12 menampilkan mode Smart Data yang memungkinkan perangkat untuk beralih antara jaringan 4G dan 5G tergantung pada aplikasi yang digunakan. Artinya, jika tidak diperlukan, perangkat kembali ke jaringan 4G untuk menghemat daya baterai.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article