home ×
Digilife

5 Fitur Google yang Bikin Pencarian di Internet Lebih Aman

16 July 2021 By
5 Fitur Google yang Bikin Pencarian di Internet Lebih Aman
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Google banyak digunakan sebagai salah satu sumber untuk mencari informasi dan membantu pengguna dalam memutuskan sebuah keputusan.

Dalam platformnya, Google berkomitmen untuk menjamin keamanan para pengguna setianya dengan menyediakan fitur privasi yang sudah ditunggu-tunggu semenjak lama.

“Hari ini, kami mengumumkan tool baru untuk menambahkan perlindungan ekstra dalam penyimpanan riwayat pencarian di akun Google Anda,” tulis Google dalam postingan blog terbarunya, Jumat (16/07).

Baca juga: Robot Ini Bisa Tangkap Sampah Luar Angkasa

Google juga membagikan lima layanan dan fitur agar proses pencarian lebih aman dan private, berikut diantaranya:

Keamanan baru dalam riwayat pencarian

Apabila pengaturan aktivitas web dan aplikasi aktif, maka riwayat pencarian akan tersimpan dalam akun Google untuk mengaktifkan pengalaman personalisasi di seluruh layanan Google. Pengguna dapat menghapus riwayat pencarian kapan saja dengan membuka My Activity.

Jika pengguna tak ingin orang lain masuk ke My Activity dan melihat riwayat penelusuran, disinilah perlindungan ekstra Google bekerja.

Caranya, saat kalian masuk ke akun kalian, kalian akan melihat opsi untuk meminta verifikasi tambahan di My Activity.

Sebelum melihat riwayat riwayat pencarian secara lengkap, kalian akan diminta untuk memberikan informasi tambahan seperti kata sandi dan autentikasi dua faktor.

Kendali ditangan Pengguna

Kalian kini bisa dengan mudah mengontrol bagaimana riwayat penelusuran disimpan ke akun Google, termasuk mengatur agar riwayat pencarian tak disimpan sama sekali.

Dengan kontrol auto-delete, kalian bisa memerintahkan Google untuk menghapus riwayat penelusuran secara otomatis dan terus menerus, bersamaan dengan aktivitas web & aplikasi lainnya dari akun kalian.

Aktivitas yang usianya lebih dari tiga, 18, atau 36 bulan terakhir akan dihapus secara otomatis.

Bagi akun baru, opsi hapus otomatis default untuk Aktivitas Web & Aplikasi dapat diterapkan pada aktivitas yang dilakukan lebih dari 18 bulan terakhir, tetapi kalian akan tetap dapat opsi pembaruan jika diinginkan.

Cara terbaru yang akan segera hadir adalah menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir dalam sekali klik. Fitur ini sudah tersedia di aplikasi Google iOS dan akan segera tersedia di Android akhir tahun ini.

Check up keamanan dan privasi

Ada pula serangkaian pemeriksaan untuk memastikan setting dan keamanan telah memberikan layanan privasi yang diinginkan pengguna. Dengan pemeriksaan privasi, kalian akan diarahkan ke setting kunci keamanan.

Dan setelah selesai kalian akan mendapat rekomendasi perlindungan data dan perangkat, termasuk mengelola aplikasi ketiga yang memiliki akses ke data akun.

Ada juga notifikasi untuk memberitahu pengguna ketika kata sandi disusupi dan apakah kata sandi tersebut digunakan di beberapa situs lain atau tidak.

Didesain secara privat

Salah satu cara terpenting Google dalam menjaga kerahasiaan pencarian adalah melalui enkripsi. Pengguna akan mendapat perlindungan sekelas Bank sehingga peretas tak dapat melihat apa yang dicari oleh pengguna.

Teknologi ini telah dipakai selama satu dekade terakhir oleh Google.

Diamankan secara default

Selain menjaga kerahasiaan dan keamanan data, Google juga menjaga pengguna saat melakukan penjelajahan di web.

Google Safe Browsing membantu melindungi lebih dari empat miliar perangkat setiap harinya dengan memberikan peringatan ke situs-situs berbahaya.

Para pemilik web juga mendapat notifikasi ketika ada peretas yang hendak menyusup situs web mereka, dan Google akan memberikan diagnosa untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sistem Google juga mencegah situs berbahaya untuk muncul di hasil pencarian. Lebih dari 40 miliar halaman spam telah diblokir setiap harinya.

Video Kesan Pertama Megang Oppo Reno6:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id