home ×
Digilife

5 Fitur Instagram yang Mungkin Terlihat Gak Penting, Tapi Berfaedah

09 October 2020 By
5 Fitur Instagram yang Mungkin Terlihat Gak Penting, Tapi Berfaedah
Share
Share
Share
Share

(Foto ilustrasi/Unsplash)

Uzone.id -- Sebagai media sosial, Instagram memiliki segudang fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna. Dari yang tampak begitu penting seperti blokir komentar jahat dan berbau pelecehan, sampai yang terlihat gak penting, tapi… diam-diam bisa jadi berfaedah juga untuk kita.

Instagram memang tempatnya orang pamer konten foto dan video. Ada juga orang yang menjadikan Instagram sebagai wadah perjalanan hidup, serta galeri atau buku catatan digitalnya. Demi semuanya berjalan sesuai keinginan kita, sekali-kali gak ada salahnya melihat beberapa fitur di dalamnya.

Kira-kira apa saja? Berikut 5 pilihan fitur Instagram yang mungkin dianggap tidak penting tapi sebenarnya berfaedah dari Uzone.id.

1. Archive
Sesuai namanya, Archive yang berarti arsip ini dapat menghilangkan foto atau video yang ada di feed profil kita, baik yang baru diunggah 5 menit lalu, maupun 5 tahun lalu.

Archive dapat ditemukan di opsi (ikon tiga titik) pada tiap postingan kita, lalu tinggal klik “Archive”, maka foto atau video tersebut akan tersimpan di arsip Instagram dan menghilang dari feed publik kita.

Archive dapat dimanfaatkan oleh kalian kalau ingin menyembunyikan foto mantan atau foto jadul yang rasanya mengganggu feed. Foto atau video yang sudah tersimpan di Archive tidak akan terhapus dan dapat diakses di opsi profil.

(Cara menggunakan Archive/Uzone.id)

Untuk melihatnya, tinggal buka profil kita > klik opsi tiga garis di bagian atas > pilih “Archive”, lalu kita bisa melihat tampilan konten yang selama ini kita sembunyikan.

Kalau ada foto atau video yang ingin kita tampilkan lagi dari Archive, tinggal klik lagi opsi di konten tersebut dan klik “Show on Profile”.

2. Save & Collections
Instagram bagai bank foto dan video, karena isinya tak cuma diramaikan oleh netizen tapi juga pelaku online shop, konten traveling, sampai berita terkini.

Sejak lama Instagram menyediakan fitur Save berupa ikon yang menyerupai tanda buku (bookmark) di bagian kanan bawah tiap konten yang berseliweran. Jika kita mengkliknya, maka foto atau video tersebut akan tersimpan di album Saved.

(Cara menggunakan Saved dan menambah Collections/Uzone.id)

Tak cuma itu, kita sebagai pengguna juga bisa membuat koleksi sendiri berdasarkan konten yang kita simpan. Misalnya, kalian suka menyimpan konten tentang wisata, kuliner, perlengkapan bayi, dan kumpulan baju yang hendak dibeli. Supaya rapi, maka bisa dibikin Collections dengan cara:

Buka profil kita > klik opsi tiga garis di bagian atas profil > pilih “Saved” > klik ikon tambah (+) di pojok kanan atas untuk membuat koleksi.

Mudah, ‘kan?

3. Fitur ‘About This Account’
Belum banyak tahu, fitur ini dapat ditemukan di akun-akun yang sudah terverifikasi alias mendapat centang biru dari Instagram, seperti selebriti, influencer, tokoh penting, hingga akun resmi.

Kendati begitu, fitur ini dapat memberikan kita informasi lebih lanjut mengenai detail akun tersebut, khususnya untuk memastikan kalau akun itu bukan akun abal-abal.

Caranya, pilih salah satu profil > klik opsi tiga titik di bagian atas profil > klik ‘About This Account’ > muncul detail tentang akun tersebut.

(Tampilan About This Account pada akun Instagram/Uzone.id)

Instagram akan memberikan informasi singkat tentang kapan akun tersebut dibuat, si pengguna berbasis di negara mana, iklan apa saja yang sudah mereka lakukan, username yang sebelumnya dipakai, hingga shared follower.

4. Follow tagar
Instagram memberikan ruang bagi pengguna yang ingin mengikuti tagar tertentu. Tagarnya pun tidak harus yang sedang viral atau trending pada saat itu, melainkan tagar apapun.

Caranya tinggal ketik tagar yang diinginkan di kolom pencarian di bagian Explore, misalnya #ThankGodItsFriday, lalu klik Search. Di bagian atas, ada opsi ‘Follow’ dan kita tinggal klik saja.

(Tampilan pencarian dan menyimpan tagar atau hashtag di Instagram/Uzone.id)

Tagar-tagar yang telah kita ikuti dapat ditemukan di kolom Following di profil kita yang dihimpun secara otomatis dengan nama “Hashtag” dari Instagram. Jika ingin berhenti mengikuti, tinggal klik “Unfollow” seperti halnya berhenti mengikuti akun biasa saja.

Mengikuti tagar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan akan sangat berguna karena postingan apapun dari siapapun yang menggunakan tagar serupa nantinya akan otomatis muncul di linimasa Instagram kita.

5. Close Friends
Kalau kamu pengguna setia Instagram, harusnya tidak asing lagi dengan fitur satu ini yang berada di Instagram Stories.

Mungkin bagi sebagian orang tidak penting, tapi buat kalian yang mungkin jiwa tertutupnya sedang tergugah dan merasa hanya ingin berbagi momen di Stories untuk orang-orang terdekat saja tapi malas untuk menyembunyikan (hide) banyak orang, maka Close Friends menjadi trik paling mudah.

Tinggal buka tampilan Instagram Stories > klik ikon Settings di pojok kiri atas > klik ‘Close Friends’ > pilih akun mana saja yang ingin masukan ke dalam Close Friends.

Setelah selesai, jangan lupa untuk memilih ‘Close Friends’ lagi ketika hendak mengunggah Instagram Stories agar orang-orang di luar lingkaran Close Friends ini tidak melihat apapun yang kita bagikan. Gimana? Lebih damai gak rasanya?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article