Technology

5 Fitur Menarik yang Bakal Muncul di Android Q

  • 13 May 2019
  • Bagikan :
    5 Fitur Menarik yang Bakal Muncul di Android Q

    (Foto: Digital Trends)

    Uzone.id -- Salah satu hal yang dinantikan dari perhelatan Google I/O beberapa hari lalu adalah soal sistem operasi Android Q. Meski belum diberi nama resmi apa itu “Q”, ada beberapa fitur menarik yang bakal hadir.

    Sebelumnya kita sudah tahu Android Q bakal memudahkan aktivitas berbagi jaringan Wi-Fi dengan kemampuan QR Code, bukan lagi password. Nah, ada fitur lain yang gak kalah apik yang akan dibawa oleh Android Q di tahun ini.

    Baca terus kalau penasaran.

    1. Live Caption

    Ini mungkin akan jadi fitur impian bagi sebagian orang yang menyukai ragam konten. Google membekali Android Q dengan fitur ini yang memungkinkan audio dari video dapat diterjemahkan ke dalam bentuk teks secara real-time.

    Yup, teks tersebut nantinya akan muncul di depan video, mungkin mirip seperti subtitle.

    Hebatnya, penerjemahan format dari suara menjadi teks ini dapat berjalan tanpa koneksi internet. Tentunya fitur ini juga akan sangat bermanfaat bagi tunarungu.

    Baca juga: Android Q Bisa Connect Wi-Fi Tanpa Password

    2. Dark Theme

    Ini tampaknya sudah dirumorkan sejak lama. Google akhirnya menghadirkan tampilan atau tema dalam format gelap di OS terbarunya ini. Seperti halnya pada media sosial, Dark Theme bakal menghemat daya baterai perangkat kita.

    3. Parental Controls

    Sesuai namanya, fitur ini ditujukan untuk para orang tua yang ingin mengontrol waktu pemakaian gadget oleh si anak. Ketika si orang tua sudah mengatur waktu tertentu, maka si anak tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut jika waktunya sudah habis.

    Baca juga: 2,5 Miliar Android Beredar Sepanjang Satu Dekade

    4. Security & Privacy

    Android Q dibekali kemampuan ini yang diklaim bisa mengaktifkan pembatasan lokasi, riwayat browsing, kontak, dan informasi data sensitif lain dari pengguna. Nantinya Google juga akan meningkatkan kemampuan proteksi serangan virus jahat alias malware pada Google Play.

    5. Focus Mode

    Sesuai namanya juga, fitur ini diharapkan bisa membantu pengguna untuk tetap fokus, dengan cara mengidentifikasi dan memblokir aplikasi tertentu yang dianggap mengganggu. Focus Mode juga bisa membisukan notifikasi aplikasi tersebut.



    Tags : Google Android Q 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini