5 Fitur Tokopedia yang Bisa Bikin Jualan Laris Manis
Ilustrasi (Foto: Tokopedia)
Uzone.id - Pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar.
Hal ini diungkapkan Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin. Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, melalui Rico pun membagikan lima inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnis di tahun 2022.1. Tombol ‘Balas’ Jalan Pintas Balas Pesan
“Hanya dengan menekan tombol ‘Balas’ yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat,” jelas Rico.
Kemudian, dia menjelaskan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.
“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” katanya.
BACA JUGA: Xiaomi 11T Raih Most Worthy Smartphone Award di Uzone Choice Award 2021
2. Koneksi Hilang?
Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang, aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual.
“Jadi jika ada kendala koneksi, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.
3. Cetak Label Pengiriman dari Genggaman Tangan
Rico mengatakan, penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur Print Shipping Label untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer.
BACA JUGA: Harga Samsung Galaxy S21 FE 5G di Indonesia, Mulai Rp8 Jutaan
4. Perluas Wawasan Pasar
Dengan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.
“Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk sehingga dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” tambah Rico.
5. Gaet Makin Banyak Pembeli dengan Voucher Toko
Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia di mana penjual dapat membuat promonya sendiri. “Dengan fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico.
Dia menambahkan, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa memfasilitasi para pegiat usaha lokal dengan berbagai inovasi digital agar produk mereka semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Ini sekaligus demi mendorong mereka #BangkitBersama di tengah pandemi sekaligus meraja di negeri sendiri.