icon-category Digilife

5 Game Android Terbaik Buatan Developer Lokal, Yuk Mainkan!

Ilustrasi seseorang sedang bermain game Android (Foto: What Mobile)

Uzone.id - Sebagian dari kalian mungkin menganggap kalau game mobile buatan developer lokal kalah keren dan tak seseru game dari developer internasional. Namun nyatanya, ada banyak game Android hasil ciptaan developer asal Indonesia dengan gameplay yang tak kalah ketimbang game terbaik di luar sana.

Buat kalian yang ingin mendukung eksistensi game buatan developer Indonesia tapi bingung menentukan game mana yang sebaiknya dimainkan, kali ini kami akan memberikan rekomendasi lengkapnya.

Setidaknya ada 5 game Android terbaik buatan developer lokal yang telah kami pilihkan untuk kalian semua. Berikut daftar lengkapnya.

Baca juga: Siap-siap! Squid Game Season 2 Segera Tayang di Netflix

Lokapala

Lokapala merupakan game MOBA (multiplayer battle arena) yang diusung developer Anantarupa Studios dan Melon Indonesia selaku publisher. Game ini tak cuma bisa dimainkan di Android, tapi juga untuk iOS juga.

Lokapala mengusung pertempuran 5v5 yang seru. Berbeda dengan game MOBA lainnya, Lokapala membawa nuansa nusantara yang begitu kental, mulai dari background musik, karakter, pertarungan, hingga gameplay-nya. Penamaan karakter pada game juga Indonesia banget.

Nama karakter yang pemain mainkan bernama Ksatriya, dan ada puluhan karakter yang dapat dimainkan dengan berbagai jenis role. Salah satu Ksatriya terbaru yang bisa digunakan adalah Guning yang terinspirasi dari sosok Kapiten Sepanjang dan Mas Garendi yang jadi tokoh dalam peristiwa Geger Pecinan.

Secara gameplay, Lokapala tak kalah dengan game MOBA lainnya. Grafisnya sungguh bagus dengan ragam skill dan item yang dapat dimanfaatkan untuk memenangkan pertandingan. Adapun permainannya kurang lebih sama, terdapat tiga lane dalam satu map yang harus dikuasai oleh masing-masing tim.

Lokapala tersedia gratis untuk Android maupun iOS dengan pembelian di dalam aplikasi. Tertarik untuk memainkannya?

Mini Racing Adventures

Selanjutnya ada Mini Racing Adventures yang dibuat oleh developer bernama Minimo. Sesuai namanya, game ini cocok buat kalian yang suka permainan balapan, khususnya balap kendaraan offroad di lintasan terjal yang bikin adrenalin langsung naik.

Mini Racing Adventures menyediakan banyak model kendaraan offroad yang bisa kalian coba, seperti ATV, motor trail, hingga truk. Ada beberapa mode permainan yang bisa kalian coba di game ini, termasuk mode offline dan online.

Selain harus melalui lintasan yang terjal dengan tanjakan yang ekstrem, kalian sebagai pemain juga harus pintar-pintar mengatur gas dan rem agar kendaraan yang dipakai tak mudah terbalik. Jangan lupa juga untuk memperhatikan sisa bahan bakar supaya tidak habis di tengah jalan.

Baca juga: Kru Among Us Mejeng di Fortnite

Code Atma

Berikutnya ada game buatan Agate Games bernama Code Atma. Game satu ini mengusung genre RPG modern dengan narasi dan jalan cerita yang layak untuk diikuti. Ditambah lagi, Agate Games memberikan bumbu-bumbu nuansa horor ke dalam Code Atma supaya gameplay-nya semakin menegangkan.

Tugas utama pemain di game ini adalah menyerang musuh sekaligus menaikkan level dan status karakter yang dipilih. Namun selain dua misi utama tadi, kalian sebagai pemain juga diajak untuk masuk ke cerita supranatural para Atma.

Seperti game RPG Android pada umumnya, pemain dimungkinkan untuk mengaktifkan fitur auto agar karakter bisa menjalani misi secara otomatis sekaligus grinding untuk menaikkan EXP serta looting untuk memperbanyak item.

Secara grafis, Code Atma sudah bagus kok. Yuk, segera mainkan di smartphone kalian!

Bus Simulator Indonesia

Tak lengkap rasanya kalau tak memasukkan game simulator satu ini ke dalam daftar. Bus Simulator Indonesia, game yang mendulang kesuksesan setelah “Om, Telolet Om!” viral di jagat media sosial global.

Game buatan Maleo tersebut mengusung grafis dan gameplay yang bagus. Pemain bisa dipersembahkan berbagai jenis bus yang bisa dibeli. Menariknya, ada pula ragam aksesori yang bisa dipasangkan ke bus kalian, seperti klakson telolet, lampu-lampu, ban, dan sebagainya.

Maleo selaku developer juga menyuguhkan banyak map yang dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya. Ada Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Surabaya, dan map terminal lainnya yang bisa kalian kunjungi.

Hal menarik lainnya, Maleo mengizinkan player untuk memasang mod ke dalam game. Alhasil, banyak pemain kreatif yang membuat mod agar Bus Simulator Indonesia semakin asyik untuk dimainkan.

Baca juga: Penghalang Developer Game Lokal Susah Berkembang

Rocky Rampage: Wreck ‘em Up

Last but not least, game Android Rocky Rampage: Wreck ‘em Up buatan developer lokal Joyseed Gametribe. Gameplay sederhana diusungnya, tapi tetap bikin ketagihan untuk memainkannya dalam waktu lama.

Game ini menampilkan karakter utama Mr. Boulder yang harus berpetualang melalui berbagai macam rintangan untuk menyelamatkan piala juara Wonderpants yang dicuri oleh Empire of Scissor.

Cara mainnya sangat sederhana, cukup tap layar agar Mr. Boulder melompat dan menghantam para musuh di depannya. Namun, kalian juga harus memperhatikan energi karakter utama, jangan sampai kehabisan.

Itu dia 5 game Android terbaik buatan developer lokal Indonesia yang layak kalian mainkan. Mana game favorit kalian nih?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini