5 Hal Seru Tentang Ankylosaurus, Dinosaurus yang ‘Dibeli’ Indonesia di Film Jurassic Terbaru

12 June 2018 by
5 Hal Seru Tentang Ankylosaurus, Dinosaurus yang ‘Dibeli’ Indonesia di Film Jurassic Terbaru

Uzone.id -- Bagi yang sudah nonton ‘Jurassic World: Fallen Kingdom’, ada satu detail menarik dari salah satu adegan penting. Hal ini melibatkan Indonesia.

Jadi, ketika belasan spesies dinosaurus berhasil dievakuasi dari bencana letusan gunung berapi di Isla Nublar, mereka langsung diboyong ke mansion Benjamin Lockwood untuk dilelang. Acara lelang dinosaurus itu dihadiri oleh sejumlah investor dan pelaku ekonomi dari berbagai negara.

Satu demi satu dinosaurus dipamerkan di dalam kandang raksasanya, sembari diperkenalkan tentang kekuatan utama mereka. Dinosaurus pertama yang dilelang adalah Ankylosaurus, spesies yang kerap disebut sebagai tank baja.

Siapa sangka, Ankylosaurus terjual sebesar USD10 juta oleh pembeli dari Indonesia!

Sold! 10 juta dollar untuk pembeli dari Indonesia!” ujar Gunnar Eversol, karakter yang dilakoni oleh aktor Toby Jones, ketika ada investor yang menawar Ankylosaurus dengan harga akhir US$10 juta.

Lalu, sebetulnya Ankylosaurus itu seperti apa, sih? Kenapa bisa dibilang mirip seperti tank tentara? Daripada penasaran, yuk kita simak 5 hal menarik tentangnya.

 

1. Berasal dari bahasa Yunani

Nama Ankylosaurus yang berasal dari Greek alias bahasa Yunani memiliki arti fused lizard karena spesies ini memiliki tulang di bagian tengkoraknya.

Mengutip berbagai sumber, yang memberi nama Ankylosaurus adalah ahli paleontologi Barnum Brown pada 1908. Sementara fosil Ankylosaurus pertama kali ditemukan di Montana, Amerika pada 1906.

 

2. Hidup di era Cretaceous

Mengutip Live Science, Ankylosaurus hidup di era Cretaceous akhir, sekitar 65,5 sampai 66,8 juta tahun yang lalu. Dia dipercaya dulunya hidup di area Amerika bagian barat dan Alberta, Kanada.

(Ilustrasi Ankylosaurus, newdinosaurus.com by Heraldo)

 

3. Herbivora super kuat

Yup, Ankylosaurus adalah herbivora, alias pemakan tumbuhan. Hal paling menarik darinya adalah tubuh yang bagai baja, karena tubuhnya seperti berduri -- hal ini yang membuatnya kuat.

Kulitnya tebal lengkap dengan tulang besar yang melapisi hampir seluruh tubuhnya. Mirip seperti buaya dan kadal.

 

4. Sulit dikalahkan oleh predator mematikan

Kenneth Carpenter, pimpinan USU Eastern Prehistoric Museum di Utah, AS kepada Live Science mengatakan, Ankylosaurus terbilang sulit dibunuh oleh predator mematikan pada masanya.

Selain tubuh kuat bagai tank, Ankylosaurus juga memiliki ekor tajam seperti paku-paku besar sebagai alat bertahan hidup. Jika terkena kibasan ekor ini, dijamin kulit langsung luka dan tulang bisa patah, tak terkecuali predator sekelas Tyrannosaurus-rex (T-Rex) sekalipun.

via GIPHY

 

5. Peneliti temukan Ankylosaurus terbesar

Sejauh ini fosil Ankylosaurus terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 6,25 meter dengan tinggi 1,7 meter, dan lebar pinggul 1,5 meter. Bobotnya pun dipercaya mencapai 4 ton. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Canadian Journal of Earth Sciences.


Apa Reaksi Anda ?

Love
25%

Suka

Laugh
13%

Lucu

Surprised
63%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
288 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ahmad Rahnan 18 October 2018 | 14:23:18

siapa penemu dinosaurus pertama

John Seo 17 October 2018 | 17:14:33

acara jrlang dinsusorus

Kueats Wallker 05 October 2018 | 21:28:28

sekarang di Indonesia udah ada dinosaurus

F Aryana 04 October 2018 | 17:02:33

mending beli yang lain lah daripada beli dinosaurus

abubu k21 04 October 2018 | 05:59:11

tidak ada kerjaan beli hal yang aneh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top