home ×
Digilife

5 Hal yang Dilihat Konsumen Sebelum Beli Produk Online

24 November 2020 By
5 Hal yang Dilihat Konsumen Sebelum Beli Produk Online
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Transaksi belanja online selama masa pandemi virus corona (Covid-19) terus meningkat. Survei dari Toluna Online Panel Survey menyatakan bahwa 68 persen masyarakat Indonesia lebih sering berbelanja online dibandingkan periode sebelum pandemi.

Tren pembelian yang meningkat menjadi momentum bagi masyarakat untuk memulai jualan secara online.

Menariknya, berdasarkan Sea Group Survey pada bulan Juni 2020 kepada 20.000 anak muda berusia 16-35 tahun, menemukan bahwa 2.200 di antaranya merupakan pelaku usaha kategori UMKM, dan 1 dari 5 pelaku bisnis tersebut aktif berjualan di berbagai platform e-commerce untuk pertama kalinya.

Dengan demikian, berjualan secara online menjadi semakin kompetitif. Nah, untuk bisa menarik perhatian pembeli, para penjual setidaknya perlu memperhatikan beberapa hal yang diperhatikan pembeli.

Baca juga: Festival Belanja Global 11.11 Bukukan Transaksi Rp790 Triliun, Didukung Teknologi Alibaba Cloud

Menurut Ian Agisti, Merchant Community and Engagement Lead Bukalapak, ada lima yang yang dilihat konsumen sebelum membeli sebuah produk secara online.

Foto produk

Hal pertama yang dilihat konsumen saat ingin membeli suatu barang di platform online adalah foto produk. “Teman-teman kalau misalnya mau mulai bisnis di market place, foto produk yang akan diunggah juga harus bagus,” ujarnya dalam Samsung Galaxy Creator Workshop: Create Awesome Content for Your Business, Senin (23/11/2020)..

Judul produk

Judul produk juga sama pentingnya dengan foto produk. Para penjual perlu memberikan judul produk yang tepat sasaran. Dengan begitu, pembeli bisa langsung menemukan barang jualan kalian, saat mereka mencarinya.

Baca juga: Cegah Zoombombing, Zoom Hadirkan Fitur ‘Pause’ di Tengah Acara

Harga

Menurut Ian, harga juga menjadi pertimbangan bagi para calon pembeli.

Rating

Hal keempat yang diperhatikan pembeli saat hendak berbelanja di e-commerce adalah rating penjualnya. Semakin tinggi rating-nya, pembeli akan semakin tertarik membeli.

Label

Label official store turut menjadi perhatian para pembeli. “Kalau di Bukalapak, ada toko online berlogo wing yang disebut super seller. Kemudian ada juga yang logonya kayak diamond itu tenant dari Buka Mall, itu official store,” tutur Ian.

VIDEO: Unboxing + Review Singkat iPhone 12 Pro Max Indonesia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article