home ×
Auto

5 Hal yang Perlu Kalian Persiapkan Sebelum Naik Tol Layang

24 December 2019 By
5 Hal yang Perlu Kalian Persiapkan Sebelum Naik Tol Layang
Share
Share
Share
Share

Foto: Bagja - Uzone.id

Uzone.id - Musim liburan kayak gini, tol layang Jakarta - Cikampek yang baru aja beroperasi langsung jadi primadona. Tapi jangan terbuai begitu aja, tetap butuh persiapan sebelum melintasinya.

Kalau ngeh saat lagi puncak-puncaknya arus liburan tahun baru akhir pekan kemarin, banyak yang langsung mengeluh kalau tol layang ternyata macet juga.

Padahal, tol ini gak punya rest area dan gerbang keluar dari ujung ke ujung, jadi kalau ada insiden bisa berabe. Gak usah insiden kecelakaan, bahkan kemarin viral kalau ada yang sampai pipis di pinggir jalan di atas tol layang.

VIDEO Layak Kah Hyundai H-1 CRDi untuk Liburan Akhir Tahun?:

Nah, setelah gue mencobanya langsung, setidaknya ada 5 hal yang perlu kalian persiapkan sebelum naik tol layang, khususnya untuk mobil yang akan kalian gunakan.

1. Bahan bakar

Ini mah sebenernya hal wajib kalau mau bepergian, apalagi jarak jauh. Tapi jangan sepelekan bahan bakar yang nanggung di mobil kalian dan berpikir, "Ah, nanti aja ngisinya, masih cukup kok,"

Kalau tol layang dalam keadaan kosong, mungkin bahan bakar yang sudah di posisi E sekalipun bakal cukup, tapi kalau tetiba macet? Nah, berabe deh. Karenanya, meding gak usah gambling, isi dulu bahan bakar sebelum berangkat.

2. Tekanan Angin Ban

Pastikan tekanan angin pada ban mobil kalian sesuai rekomendasi pabrikan. Cara taunya, bisa diliat pada stiker ukuran tekanan angin yang biasanya ada di rangka pintu depan pengemudi.

Kenapa? Sambungan jalan tol layang yang masih kasar seperti polisi tidur, bisa berbahaya buat ban mobil, khususnya yang tekanan anginnya gak pas. Kalau kurang angin, bisa menyebabkan pecah ban, karena terlalu memantul saat melindas pembatas jalan.

Sebaliknya, kalau terlalu keras, bisa benjol yang ujung-ujungnya juga berpotensi ngebuat pecah ban. Dan juga perhatikan ban yang udah botak, baiknya gak usah lewat tol layang deh.

3. Sedia ban serep dan dongkrak

Nah, biasanya toolkit seperti dongkrak dan ban serep udah ada pada mobil. Tapi kalau gak ada di mobil kalian, baiknya dipersiapkan dulu dua item tersebut.

Sebab, lagi-lagi, tol ini minim fasilitas evakuasi, jadi kalau misalnya terjadi ban kempis atau bahkan pecah ban, kalian bisa mengganti ban sendiri di bahu jalan.

4. Kaca film yang bagus

Lho, apa hubungannya lewat tol layang dengan kaca film? Jelas ada banget. Ini juga baru gue rasakan saat mencoba langsung menggunakan mobil yang gak pakai kaca film di tengah cuaca yang sedang terik.

Tol layang punya ketinggian 15 meter diatas permukaan jalan di bawahnya. Jadi, kanan kirinya gak bakal kalian temukan pohin-pohon atau penghalang apapun supaya adem saat terik matahari.

Kalau gak pakai kaca film, AC mau sedingin apapun juga gak bakal mempan, kalian pasti sauna di dalam mobil.

5. Wiper yang juga masih bagus

Nah, wiper juga sangat berguna saat melintas di tol layang, apalagi saat musim hujan kayak begini. Kalau kaca film buat melindungi kalian dari panas terik, sebaliknya wiper untuk melindungi pandangan kalian saat hujan lebat.

Gue mengalami hujan lebat saat melintas tol layang dan jarak pandangnya benar-benar memprihatinkan, sebab, siraman air hujan tersebut juga bercampur dengan kabut polusi dari kawasan industri, jadinya kalau wiper gak bagus, pandangan kedepan bakal bener-bener terbatas.

Nah, kira-kira itu 5 poin yang harus kalian persiapkan sebelum melintas di tol layang, sehingga rencana liburan kalian bisa lancar dan selamat sampai di tujuan.

VIDEO Baleno Facelift, 5 Pertimbangan Sebelum Beli:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article