icon-category Technology

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Ponsel Baru Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro

  • 17 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :
     
    Uzone.id — Perusahaan teknologi Huawei kembali memperkenalkan produk anyarnya yang diberi nama Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro. Seperti apa kehebatannya?
     
    Diperkenalkan di London, Inggris untuk pertama kali, duo ponsel Huawei baru ini hadir untuk menyaingi ponsel-ponsel flagship ternama seperti Samsung Galaxy Note 9, Pixel 3, dan iPhone XS Max. 
     
    Daripada penasaran, berikut 5 hal yang perlu kamu tahu tentang duo Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro.
     
    1. Layar super besar
    Huawei Mate 20 mengusung layar 6,53 inci full HD. Sedangkan layar Mate 20 Pro berukuran 6,39 inci dengan konsep melengkung dan pakai teknologi OLED.
     
    2. Tetap ada notch
    Nyaris mustahil rasanya membayangkan ponsel pintar masa kini tanpa desain 'poni' alias notch sejak kelahiran iPhone X pada 2017. 
     
    (Josh Miller/CNET)
     
    Huawei Mate 20 turut mengusung notch di bagian atas layarnya dengan bentuk yang menyerupai buliran air kecil. Sementara desain notch pada Mate 20 Pro nyaris mirip dengan iPhone XS Max, namun pihak Huawei mengklaim secara margin lebih kecil ketimbang iPhone.
     
    3. Pemindai sidik jarinya di layar!
    Huawei memberanikan diri untuk menyajikan teknologi apik untuk ponsel anyarnya. Mate 20 masih menggunakan pemindai sidik jari di bagian punggung ponsel serta 3D face recognition seperti iPhone X dan kawan-kawannya.
     
    Menariknya, pemindai sidik jari Mate 20 Pro disematkan di dalam layar ponsel. Jadi, ponsel Mate 20 Pro bisa dibuka hanya dengan sentuhan jari pada layar saja.
     
    4. Triple camera!
    Sama seperti Huawei P20 Pro, duet ponsel ini hadir dengan kamera berjumlah tiga alias triple camera dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Uniknya, desain kameranya nggak memanjang secara vertikal seperti iPhone X, Samsung A7 dan A9, ataupun Huawei P20 Pro, melainkan kotak persegi.
     
    Tentu Mate 20 dan Mate 20 Pro mengusung kamera dengan resolusi yang berbeda. Begini jabarannya.
     
    Kamera Mate 20 terdiri dari lensa ultra wide-angle 16MP dengan bukaan lensa f/2.2, lensa wide-angle 12MP bukaan lensa f/1.8, serta lensa telephoto 8MP dengan bukaan f/2.4.
     
    Sementara resolusi kamera Mate 20 Pro lebih besar, yakni lensa wide-angle 40MP f/1.8, lensa ultra wide-angle 20MP f/2.2, dan lensa telephoto 8MP f/2.4 dengan optical zoom 3x.
     
    Keduanya sama-sama dibekali kamera depan beresolusi 24MP untuk selfie. Letak kamera depannya berada di masing-masing notch.
     
     
    5. Spesifikasi menggiurkan
    Soal prosesor, kedua ponsel ini ditenagai chipset terbaru Kirin 980 yang dibuat dengan fabrikasi 7nm.
     
    Mate 20 dan Mate 20 Pro sama-sama dilengkapi dengan memori internal 128GB. Sedangkan pilihan RAM, Mate 20 terdiri dari 4GB dan 6GB. Sementara Mate 20 Pro konfigurasi RAM hanya 6GB.
     
    Untuk kapasitas baterai, Mate 20 menggunakan baterai 4.000 mAh, sedangkan Mate 20 Pro lebih besar yakni 4.200 mAh. Keduanya sudah didukung dengan teknologi SuperCharger agar pengisian daya ulang baterainya cepat. Dua-duanya sudah berjalan di sistem operasi Android 9.0 Pie.
     
    Tersedia dalam varian warna midnight blue, black, pink gold, emerald green, dan twilight, pasti penasaran dong sama harganya?
     
    Kalau saat peluncuran sih, Mate 20 versi RAM 4GB dibanderol 799 euro atau setara Rp14 jutaan, sedangkan versi RAM 6GB, harganya tidak terlalu beda jauh, yaitu 849 euro atau sekitar Rp14,9 juta.
     
    Kemudian untuk Mate 20 Pro harganya mencapai 1.049 euro atau berkisar Rp18,5 juta.
     
    Belum ada kepastian kapan Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro akan dirilis di Indonesia. Harus besabar dulu, gaes!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini