icon-category Entertainment

5 Kasus Perceraian Artis Paling Drama Sepanjang 2017

  • 11 Dec 2017 WIB
Bagikan :

Tahun 2017 ini bisa dikatakan menjadi salah satu tahun dengan tingkat perceraian artis Indonesia yang paling banyak. Ada yang memilih untuk berpisah dengan pasangannya secara damai, hingga proses perceraian di pengadilan berlangsung cepat.

Namun, ada yang proses perceraiannya berjalan sangat lama di pengadilan, karena salah satu pasangan ada yang tidak setuju dengan perceraian tersebut. Bahkan, ada pula pasangan yang meskipun telah diberi keputusan oleh majelis hakim untuk bercerai, mereka masih saja berseteru.

Di bawah ini, kumparan (kumparan.com) telah merangkum beberapa perceraian artis Indonesia ter-drama sepanjang tahun 2017.

1. Aming – Evelyn

Awal tahun 2017, komedian Aming Sugandhi secara tiba-tiba menggugat cerai Evelyn Nada Anjany. Padahal, pasangan tersebut belum genap satu tahun menjalani bahtera rumah tangga. Selain itu, keduanya juga kerap memamerkan kemesraan dalam berbagai kesempatan.

Ternyata, bukan hanya penggemar saja yang terkejut dengan keputusan Aming ini. Evelyn pun sangat shock kala itu, karena ia masih begitu mencintai pria yang menikahinya pada tanggal 4 Juni 2016 lalu itu. Evelyn masih terus berusaha mempertahankan rumah tangganya dengan Aming, sedangkan bintang komedi ‘Extravaganza’ tersebut tetap bersikukuh dengan keputusannya untuk berpisah.

Hal tersebut menyebabkan proses perceraian mereka berjalan begitu alot di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Permasalahan tidak selesai sampai di situ saja. Setelah DJ berusia 26 tahun itu mulai ikhlas dengan keputusan Aming untuk berpisah yang begitu mantap, persoalan lain kemudian datang saat nafkah yang diberikan oleh Aming kepadanya sebanyak Rp 8 juta per bulan, dirasa kurang.

Begitu pula saat Evelyn meminta satu unit apartemen untuk tempat tinggal sebagai ‘hadiah’ perpisahan. Sedangkan dalam waktu yang bersamaan, Aming juga curhat mengenai kondisi keuangannya yang sedang kolaps.

Setelah menjalani proses sidang yang cukup berat dan panjang, akhirnya Pengadilan Agama Jakarta Selatan resmi mengabulkan permohonan cerai Aming pada tanggal 16 Juni 2017.

2. Lucky Hakim – Tiara Dewi

Aktor sekaligus anggota DPR, Lucky Hakim, secara resmi mengajukan permohonan cerai atas istrinya, Tiara Dewi, ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada tanggal 7 Juli 2017. Padahal, mereka baru saja menikah pada tanggal 19 Januari 2017.

Berbagai macam drama pun sempat mewarnai jalannya proses perceraian antara Lucky dan Tiara. Banyak yang menilai jika pernikahan mereka ini hanyalah sebuah kawin kontrak semata. Kendati demikian, Lucky saat itu membantah soal isu tersebut. Pun saat isu mengenai adanya orang ketiga yang menjadi pemicu pecahnya bahtera rumah tangga Lucky dan Tiara.

Selain itu, sebelum mengajukan permohonan cerai, aktor berusia 39 tahun tersebut sempat dilanda kegalauan, lantaran melihat Tiara yang terbaring lemah di rumah sakit, ia mengira jika istrinya tersebut sedang mengandung buah cinta mereka, sehingga Lucky pun menjadi galau untuk bercerai jika memang saat itu Tiara hamil. Namun ternyata tidak, dan Lucky pun tetap melanjutkan proses cerai itu.

Selama proses persidangan, Tiara tidak pernah muncul memenuhi panggilan majelis hakim ke pengadilan. Begitu juga dengan Lucky. Namun, saat majelis hakim membacakan putusan cerai atas mereka berdua, akhirnya Lucky pun hadir ke persidangan dan memberikan penjelasan kepada awak media mengenai perceraian mereka. Lucky dan Tiara pun resmi bercerai pada tanggal 6 September 2017.

3. Ibnu Jamil – Ade Maya

Setelah menjalani bahtera rumah tangga, dan tanpa terdengar gosip miring, secara tiba-tiba aktor Ibnu Jamil, digugat cerai oleh istrinya, Ade Maya, ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada tanggal 8 Maret 2017 lalu.

Namun, setelah mengajukan permohonan cerai tersebut, Ade Maya malah seolah-olah menghilang. Ia tak pernah memenuhi panggilan majelis hakim ke pengadilan untuk menghadiri sidang perceraian. Hingga sidang ketika dilaksanakan, baik Ade Maya ataupun Ibnu Jamil, keduanya sama-sama tak pernah hadir di persidangan.

Hingga pihak pengadilan pun akhirnya menggugurkan proses cerai antara Ade Maya dan Ibnu Jamil, karena dinilai tidak serius mengajukan permohonan cerai.

Yang mengejutkan adalah 5 bulan setelahnya, giliran Ibnu Jamil lah yang beralih melayangkan permohonan talak cerai terhadap istrinya tersebut. Tepatnya adalah tanggal 4 Agustus 2017.

Tidak diketahui secara pasti apa yang memicu perpisahan di antara mereka berdua. Selama proses perceraian berlangsung, Ibnu hanya sekali terlihat menghadiri persidangan, yakni saat proses mediasi berlangsung. Sedangkan Ade Maya, selalu menghadiri sidang yang berlangsung tiap minggunya.

Jika sebelumnya Ade Maya yang menginginkan perpisahan itu, namun saat digugat balik, atlet voli tersebut malah yang berjuang mati-matian untuk mempertahankan keutuhan rumah tangganya dengan Ibnu.

Dan usaha Ade Maya itu akhirnya membuahkan hasil. Pada tanggal 30 November 2017, majelis hakim di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, akhirnya memutuskan jika Ade Maya dan Ibnu Jamil resmi rujuk kembali. Dan Ade pun, yang selama ini memilih bungkam mengenai proses cerainya, sedikit membuka suara dan bersyukur karena bisa kembali rujuk.

“Alhamdulillah (rujuk)... Semoga ke depannya lebih baik lagi,” tulis Ade Maya singkat kepada kumparan, kala itu.

4. Gracia Indri – David ‘NOAH’

Gonjang-ganjing dalam bahtera rumah tangga pesinetron Gracia Indri, dan suaminya David ‘NOAH’ memang sudah mulai terdengar sejak tahun 2016 lalu. Namun pada akhirnya, wanita berusia 27 tahun itu baru resmi melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Bandung, pada tanggal 4 Juli 2017.

Sempat ada isu orang ketiga yang menjadi penyebab pernikahan mereka yang telah dibangun sejak tanggal 28 Desember 2014 itu. Sebab, di tengah-tengah proses perceraian mereka, ada seorang wanita bernama Shzee yang dikabarkan menjalin kedekatan dengan David. Namun, keyboardis grup band ‘NOAH’ itu dengan tegas membantahnya.

“Sepenuhnya itu adalah rekayasa. Tidak pernah ada. Indri sendiri tahu persis bahwa itu adalah rekayasa. Entah mau tenar atau apa saya tidak mengerti,” ujar David kepada kumparan pada 30 Juli 2017 lalu.

Proses perceraian pun berjalan cukup rumit. Hal tersebut terjadi karena surat panggilan untuk menghadiri sidang ternyata tidak didapatkan oleh pria berkacamata tersebut. Sehingga sidang perdana pun terpaksa ditunda saat itu.

Menurut kuasa hukum Gracia Indri, yaitu Rohman Hidayat, surat gugatan dikirim berdasarkan alamat di Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki oleh David, yaitu di kawasan Cijawura, Bandung. Tapi ternyata, David telah pindah tempat tinggal.

Setelah sempat tertunda beberapa kali, akhirnya sidang mediasi antara Gracia Indri dan David ‘NOAH’ dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2017. Mediasi pun berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Namun hasilnya adalah deadlock. Kakak kandung dari pesinetron Gisela Cindy tersebut tetap menginginkan perceraian.

Kemudian, proses cerai pun terus berlanjut. Hingga akhirnya, tanggal 21 November lalu, majelis hakim membatalkan gugatan yang dilayangkan oleh bintang sinetron ‘Bidadari’ itu. Alasannya adalah karena PN Bandung teranyata tidak berweang untuk mengadili perkara hukum tergugat.

Karena David saat ini berdomisili di Dago Pakar, Kabupaten Bandung, maka perkara ini seharusnya menjadi tanggung jawab PN Bale Bandung, sesuai domisili David. Dan tak lama setelah permohonannya dibatalkan, Indri pun langsung bergegas untuk menggugat kembali suaminya itu ke PN Bale Bandung. Dan saat ini, materi cerai ditambahkan adanya KDRT yang dilakukan oleh David kepada Indri. Sidang perdana akan segera digelar tanggal 19 Desember mendatang.

5. Tsania Marwa – Atalarik Syah

Perceraian yang terjadi antara pasangan selebriti Tsania Marwa dan Atalarik Syah, bisa dikatakan menjadi kasus perceraian paling drama sepanjang tahun 2017 ini. Marwa mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Cibinong pada 14 Maret 2017. Sejak awal proses cerai ini berlangsung, sudah penuh dengan warna-warni drama di dalamnya.

Pertama adalah saat wanita berusia 26 tahun tersebut mengaku bahwa barang-barangnya yang masih berada di rumah Arik—sapaan Atalarik—secara sengaja dibungkus oleh plastik hitam seperti layaknya sampah. Padahal, barang-barang yang dimilikinya itu berharga senilai jutaan rupiah. Lalu, Marwa pun kerap melampiaskan kekesalannya terhadap Arik melalui media sosial.

Kemudian, wanita berdarah Arab itu pernah menyambangi rumah yang pernah ditinggalinya bersama Arik di kawasan Cibinong, untuk bertemu kedua anaknya, Syarief Muhammad Fajri, dan Aisyah Shabira. Namun sayangnya, ia malah dimarahi dan dilaporkan ke pihak kepolisian, oleh salah satu keluarga Arik.

Selama ini, Arik selalu terlihat absen untuk menghadiri persidangan. kemudian, suatu ketika ia pun bersedia untuk hadir untuk melakukan proses mediasi. Yang menarik adalah, pria berusia 44 tahun itu membawa sekitar 14 orang bodyguard untuk melindunginya di pengadilan.

Proses cerai berjalan begitu lama dan rumit. Selain ingin bercerai, Marwa juga ingin mendapatkan hak asuh atas kedua anaknya. Apalagi, sudah berbulan-bulan lamanya ia tidak diberi izin oleh Arik bertemu dengan Syarief dan juga Aisyah.

Merasa geram, ia pun akhirnya mengadukan hal tersebut kepada Komisi Perlindungan Anak dan Ibu (KPAI), yang mana hingga kini tidak diketahui secara pasti bagaimana kelanjutanya.

Di tengah-tengah proses cerai yang masih berlangsung, Arik malah terlihat dekat oleh salah satu aktris senior, yakni Vonny Cornelia. Melihat hal itu, Marwa pun semakin kesal, karena selain proses cerai masih berlangsung, ia juga menyayangkan dirinya yang tak bisa bertemu dengan anak-anaknya, sedangkan Vonny bisa jalan-jalan bareng dengan Arik dan dua anaknya tersebut.

Proses cerai mereka pun akhirnya berakhir pada tanggal 15 Agustus 2017 lalu. Marwa dan Arik resmi bercerai, dengan hak asuh anak yang jatuh di tangan Arik. Merasa kecewa, Marwa pun tetap melakukan segala cara untuk bertemu dengan anak-anaknya. Namun Arik tetap bersikap cuek dan dingin.

Hingga kini, perdebatan antara mereka berdua tidak kunjung selesai. Baik Marwa maupun Arik, keduanya kerap melakukan ‘perang’ di media sosial. Bahkan Marwa pun sempat memberikan sebuah surat terbuka pula untuk Vonny, yang saat ini semakin dekat hubungannya dengan Arik.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini