icon-category Lifestyle

5 Kesalahan yang Sering Dibuat di Usia 20-an

  • 12 Apr 2016 WIB
Bagikan :
| April 12, 2016 8:15 am

Usia 20 tahun-an menjadi masa ajang pergaulan yang luas dan merasa masa kejayaan menuju kedewasaan. Seringkali usia 20-an menjadi alasan untuk lebih memikirkan kebahagian pribadi dibandingkan segalanya.

Konsep usia 20-an justru sering kali menimbulkan salah presepsi. Akibatnya indvidu tersebut melakukan kesalahan-kesalahan yang disesali ketika mulai bertambah umur.

Situs Quora mengajak pengunjungnya mengutarakan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh usia 20-an, dikutip dari Independent.

Tidak cukup waktu dengan orang tua

Usia 20-an merupakan awal di mana tanggung jawab hidup masing-masing mulai diberlakukan. Sibuk kerja, dan aktivitas lainnya membuat waktu dengan orang tua terkuras habis.

Padahal, orang tua dapat menjadi tempat pencari solusi akan masalah yang sedang dihadapi. Hanya saja, ini sering kali dilupakan, sehingga untuk sekadar menelefon pun tidak bisa.

“Kami sangat sibuk untuk tumbuh, sehingga sering melupakan orang tua kita juga bertambah tua,” ujar salah satu pengguna Quora.

Mencoba terlalu keras untuk jatuh cinta
Banyak dari usia 20-an justru menghabiskan waktu dengan masalah percintaan. Seakan kehidupan mereka hanya untuk menemukan seseorang yang tepat untuk menerima cinta.

Bersikap berlebihan ketika menjalin cinta menjadi salah satu penyesalan yang sering dialami. Berharap membangun hubungan seperti negeri dongeng, memang sering membawa hubungan jangka panjang, tapi banyak pula yang justru kandas di tengah jalan.

Membuang-buang waktu

Di usia 20-an merupakan potensi paling tinggi untuk melakukan segala hal yang bisa bermanfaat untuk ke depannya. Tapi masih banyak yang merasa untuk bersantai di usia muda, menganggap hidup masih lama berjalan dan tidak perlu dirisaukan.

"Kami cenderung mengabaikan aspek ini, tapi aku yakin bahwa kami akan menyesal suatu hari nanti dan kemudian tidak ada yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, pemanfaatan yang tepat waktu sangat penting," kata pengguna situs Quora.

Mengatakan ya untuk semuanya
Ingin mengambil setiap kesempatan yang diberikan memang bagus, tapi mempertimbangkan segala kemungkinan juga perlu dilakukan. Sering kali usia 20-an selalu mengatakan ya untuk memberikan kesan positif dan ingin membuat semua orang bahagia.

Berilah sedikit ruang untuk mengintropeksi keputusan agar  yang dihasilkan baik, bukan hanya membahagiakan. Sikap sembrono hanya akan membuat masa penuh tenaga justru berubah jadi masa penyesalan.

Banyak mengeluh

Jika ada sesuatu yang kurang didapatkan, ada baiknya langsung diperbaiki. Jangan hanya mengeluh kekurangan dari seharusnya yang didapatkan, tapi justru hanya mentok pada sebatas keluhan.

Berbenah diri menjadi seorang yang lebih baik akan menjadi jalan keluar. Pelajari bagaimana mengelola keluhan menjadi sesuatu yang justru menghasilkan hal yang baik.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini