home ×
Health

5 Kiat Ampuh Meningkatkan Kualitas Tidur

13 March 2018 By
5 Kiat Ampuh Meningkatkan Kualitas Tidur
Share
Share
Share

Uzone.id-Banyak orang mengira bahwa mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur merupakan kunci hidup sehat. Padahal, tidur cukup juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan.

Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup atau mengalami insomnia bisa mengalami gangguan fisik. Edward Yong, konsultan kesehatan dari Amlife, menyebutkan dampak serius pada kesehatan fisik akibat insomnia, antara lain jantung koroner, hipertensi, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Insomnia juga dapat meningkatkan nafsu makan yang menyebabkan obesitas dan diabetes. Gangguan mental seperti depresi dan kemasan juga dapat menyerang orang yang insomnia.

Mengingat begitu banyak dampak negatif dari insomnia, Aurora Lumbantoruan, MPsi.Psi, psikolog klinis menyarankan beberapa kiat untuk meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

Tidur dalam waktu yang sama setiap hari

Kualitas tidur yang baik memberikan kamu kesegaran saat bangun dan tidak mengantuk ketika beraktivitas. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu perlu tidur dalam waktu yang sama setiap hari.

Selama tidur, kamu perlu menciptakan suasana yang mendukung seperti mengindari cahaya terang. “Suasana terang membuat kita siaga, sedangkan suasana yang redup membuat kita beristirahat dan rileks.” kata Aurora dalam acara Amlife memperingati World Sleep Day 2018, Senin (12 Maret 2018), Jakarta.

Kamu juga perlu mengusahakan untuk tidur malam selama delapan jam. Dengan demikian, tubuh mendapatkan manfaat pemulihan secara maksimal dari tidur.

Menciptakan lingkungan yang nyaman

Kamu juga perlu menciptakan lingkungan yang nyaman sebelum tidur. Maka, jangan bekerja di atas tempat tidur, atau jangan menjadikan kamar tidur untuk bekerja.

Menciptakan ritual sebelum tidur

Ini berkaitan dengan perilaku. Berapa jam sebelum tidur, kamu perlu rileks. Jauh sebelumnya, kamu perlu memperhitungkan setiap aktivitas. “Jadi ada ritual yang membuat kita sedikit demi sedikit meredakan tekanan, sehingga kita dapat tidur nyenyak,” ujar Aurora yang juga merupakan pendiri KEARA Konsultan Psikologi.

Kalau ada hal-hal yang menggelisahkan, kamu dapat bangun dan menuliskannya. Jangan malah mengecek gawai. Dengan demikian, kamu telah memberi jarak dengan hal-hal yang mengganggu tidur kamu. Kamu dapat menetapkan bahwa masalah ini harus kamu selesaikan setelah tidur.

Tetap tenang ketika tidak bisa tidur

Kamu perlu mengondisikan diri untuk tetap tenang kalau tidak bisa tidur. Kalau memang masih ada masalah yang bikin kamu tidak bisa tidur, kamu dapat segera memikirkan alternatifnya.

Menghindari minuman berkafein menjelang tidur

Selain menghindari minuman berkafein menjelang tidur, kamu juga perlu menghindari makan malam dengan porsi cukup besar. Sebab, tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan seperti ini.

Kamu juga perlu menghindari alkohol. Kalau sudah kecanduan, alkohol malah membuat kamu tidak bisa tidur. Yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu olahraga secara teratur.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

135 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Veky Ustrada58 11 October 2019 | 07:29:32

meningkatkan lingkungan yang nyaman

Browni Koko 25 February 2019 | 13:52:35

kualitas tisur bisa menjadi alternatif bagi para wanita

vi a 24 February 2019 | 11:22:14

mantul pa eko udud lempar gunting

Salmah Rahmawati 24 February 2019 | 11:07:12

tetap tenang ketika tidak bisa tidur.. segala sesuatunya harus tenang

Kiss Ipeh 24 February 2019 | 08:31:11

jangan kebanyakkan strees biar tidurnya nyenyak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id