home ×
Digilife

5 Kiat Memaksimalkan WhatsApp untuk Kerja dari Rumah

16 March 2020 By
5 Kiat Memaksimalkan WhatsApp untuk Kerja dari Rumah
Share
Share
Share

Uzone.id - Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk menghambat penyebaran virus corona pada Minggu (15/3). Salah satu caranya, yaitu masyarakat work from home alias kerja dari rumah. Nah buat yang berkesempatan kerja dari rumah, kalian bisa memanfaatkan WhatsApp.

Aplikasi pesan singkat ini memiliki beberapa fitur yang membantu kalian untuk koordinasi dengan rekan kerja. Berikut beberapa kiat memaksimalkan WhatsApp untuk kerja dari rumah.

Menggunakan WhatsApp di laptop

Agar kerja dari rumah menjadi lebih mudah, kalian bisa menggunakan laptop untuk berkomunikasi via WhatsApp. Untuk mengaktifkannya, kalian bisa mengunjungi web.whatsapp.com via desktop.

Setelah itu, kalian akan diminat login menggunakan QR Code yang ada melalui aplikasi WhatsApp. Cara memindai QR Code tersebut, yaitu kalian bisa ke Settings>WhatsApp Web/Desktop.

Baca juga: Trending Topik Hari Ini, #dirumahaja tapi #Transjakarta Diteror, Ada Apa?

Fitur berbagi lokasi

Fitur Share Live Location (berbagi lokasi secara real-time) dapat membantu pemimpin perusahaan memantau kinerja karyawan. Bila ada arahan berbagi lokasi selama periode kerja dari rumah, kalian bisa masuk ke ruang percakapan dengan atasan atau grup kantor.

Lalu ketuk tanda + di sudut kiri bawah>Location>Share Live Location. Setelah itu, kalian pilih waktu Share Live Location sesuai kebutuhan. Dalam sehari, opsi delapan jam adalah yang pas untuk Share Live Location selama periode kerja dari rumah.

Mute alias membisukan notifikasi

Kalian pasti memiliki banyak grup percakapan di WhatsApp. Agar lebih fokus saat work from home alias kerja dari rumah, kalian bisa mute atau membisukan notifikasi pada grup yang tidak berkaitan dengan urusan kantor.

Caranya, usap ke kiri pada grup percakapan yang ingin kalian bisukan notifikasinya>More>Mute. Setelah itu, ada opsi membisukan notifikasi delapan jam, satu minggu, atau satu tahun.

Baca juga: Tangkal Corona, Pendiri Alibaba Sumbang 1 Juta Masker

Beri tanda unread untuk pesan yang belum dibaca

Kalian mungkin mendapat banyak pesan di WhatsApp yang tidak sampat kalian baca saat itu juga. Memberi tanda pada pesan yang belum kalian baca bagus untuk mengingatkan kalian untuk membalas nanti, ketika kalian sudah tidak terlalu sibuk bekerja.

Caranya, usap ke kanan pada nama atau grup percakapan di WhatsApp>Unread. Setelah itu, muncul ikon tombol biru pada nama atau grup percakapan tersebut. Jika sudah dibaca, kalian bisa usap ke kanan, lalu pilih Read.

Menemukan foto, link, atau dokumen dengan cepat

Kalian bisa menemukan dokumen pekerjaan dengan cepat di WhatsApp. Caranya, masuk ke ruang percakapan dengan seseorang atau grup>ketuk ikon nama>pilih Media, Links, and Docs.

Kolom Media berisi kumpulan foto, kolom Links berisi kumpulan tautan, dan kolom Docs berisi kumpulan dokumen yang pernah dikirim. Jadi, itu tadi beberapa kiat memaksimalkan WhatsApp untuk work from home alias kerja dari rumah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DHStyle 15 April 2020 | 12:05:49

memanfaat kan dan memaksimalkan WA untuk kerja ya

pejuang 20 March 2020 | 08:35:59

hal ini sangat penting banget di waktu sekarang

Amir Rosyadi 17 March 2020 | 09:24:45

manfaat kan dan memaksimalkan whatsapp untuk kerja

Miskin aman 17 March 2020 | 08:06:43

infonya sangat bagus dan bermanfaat

zn zn 16 March 2020 | 15:34:04

apa mamfaat pengguna wa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id