Health

5 Kiat Move On Setelah Putus Cinta, Buruan Coba!

  • 07 March 2018
  • Bagikan :

    Uzone.id - Putus cinta memang mendatangkan kesedihan mendalam. Menangis dalam beberapa waktu sah-sah saja. Tapi setelah itu, kamu harus segera bangkit dan move on.

    Kalau tidak segera move on, hal ini akan mengganggu fungsi emosional kamu. Demikian kata Tara de Thouars, BA, M.Psi, psikolog klinis di klinik Lighthouse, Jakarta Selatan, kepada Uzone.id.

    Lantas bagaimana kiat tepat untuk bisa move on setelah putus cinta? Tara membagikan beberapa kiat di bawah ini untuk kamu yang baru saja putus cinta.

    Jangan menyalahkan diri sendiri

    Orang sulit move on karena menyesali apa pun yang terjadi dengan pasangan dan apa pun yang belum dilakukan dengan pasangan. “Padahal buat apa disesali? Jika memang belum jodoh, apa pun usaha yang dilalukan, maka akan sulit bersama,” kata Tara.

    Merasa belum menjadi pasangan yang baik

    Ketika hubungan putus, banyak orang melihat dirinya buruk seperti kurang menarik, kurang baik, dan lainnya. Semakin melihat diri buruk, maka semakin sulit move on. Kamu perlu memahami bahwa tidak semua orang sempurna, begitu pula kamu dan pasangan.

    Melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat

    Kamu perlu mengalihkan pikiran tentang pacar dengan melakukan hal-hal yang lebih berarti. Jika bisa melihat diri berharga, maka kamu tidak akan bergantung pada pasangan.

    Tidak perlu memaksakan diri

    Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk tetap bersama dengan orang yang memang bukan yang terbaik untuk kamu. Kamu perlu membuka diri untuk menerima orang baru, sehingga kamu akan menyadari bahwa akan selalu ada orang lain yang tertarik kepada kamu. Dia juga tentunya bisa melihat sisi baik dari diri kamu.

    Fokus untuk melakukan banyak hal ke diri sendiri

    Ketika masih pacaran, waktu kamu terbagi dengan pasangan. Sekarang, setelah putus, kamu bisa melakukan banyak yang baik untuk diri sendiri. Kamu bisa meluangkan waktu untuk me time dan bersosialisasi dengan teman-teman. Lakukan hal-hal yang dahulu hilang saat masih pacaran.