icon-category Auto

5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Setelah Mudik

  • 03 May 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Libur lebaran yang sudah selesai mengharuskan kita kembali beraktifitas. Sebelumnya, pastikan kondisi mobil yang sudah dipakai mudik tetap prima untuk mendukung aktifitas.

Ada sejumlah komponen yang wajib dicek setelah mobil ‘bekerja keras’ di perjalanan jauh selama mudik. Nah, Auto2000 memberikan panduan sejumlah komponen yang harus dicek setelah mudik. Apa aja?

1. Ban mobil

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui serta muatan mobil yang maksimal membuat ban bekerja lebih ekstra.

Pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban, bersihkan kerikil yang menempel, dan perhatikan tanda keausan ban. Jika sudah tidak layak, segera ganti ban. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

2. Bersihkan kolong mobil

Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran. Cek shock absorber, karet penyangga, dan selang rem.

Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kampas rem cakram dan dinding tromol rem. Pastikan juga oli mesin tidak kurang dan tidak ada perubahan warna yang menandakan adanya masalah, seperti warna coklat susu yang menunjukkan pelumas tercampur air.

3. Minyak rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman yang juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik.

Pemilik mobil dapat mengganti komponen itu apabila memang sudah mencapai batas maksimal. Jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4. Air radiator

Pastikan air radiator penuh dan periksa apakah ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Selain itu, periksa juga cairan kendaraan lainnya, seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, dan minyak power steering hidrolis.

Pastikan volumenya tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

5. Bersihkan kabin mobil

Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

Dengan melakukan pemeriksaan terhadap semua komponen tersebut, kendaraan akan tetap nyaman dan aman digunakan setelah perjalanan mudik.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini