icon-category Health

5 Langkah Mudah Sembuhkan Nyeri Punggung

Salah satu 'kesialan' bagi mereka yang banyak bekerja di balik meja adalah nyeri punggung yang dapat berisiko cidera jika tidak segera ditangani dengan serius.

Sesekali melakukan stretching saja tidak cukup untuk mengatasi nyeri punggung akibat bekerja di balik meja selama delapan jam setiap harinya. Untuk itu, di bawah ini kami hadirkan lima langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung saat bekerja di balik meja.

 

1. Memutar bahu


Gerakan ini sebenarnya mudah, namun sering lupa dilakukan. Tegakkan posisi duduk Anda membentuk sudut 90 derajat dengan kedua tangan bertumpu pada paha. Gerakan bahu memutar ke depan dan ke belakang masing-masing 10 kali sebanyak (setidaknya) tiga repetisi. Lakukan secara perlahan di sela-sela waktu istirahat. Anda akan mendapatkan manfaat ganda, nyeri punggung berkurang dan leher pun terhindar dari risiko cidera, seperti lelah hingga kram.

 

 

2. Rutin melakukan stretching


Stretching atau peregangan adalah gerakan yang paling sering dianjurkan bagi pekerja kantor agar terhindar nyeri punggung. Banyak ragam gerakan gerakan stretching yang dapat dilakukan di kantor. Beberapa di antaranya adalah stretching tangan dalam posisi duduk, stretching kuda-kuda kaki depan dan belakang di waktu istirahat, serta masih banyak ragam lainnya. Kunci utamanya hanya satu, lakukan dengan benar dan rutin.

 

 

3. Duduk dengan posisi telapak kaki mendatar


Saat duduk di balik meja, sebaiknya letakkan telapak kaki dalam posisi mendatar. Hal ini berfungsi untuk mengurangi risiko aliran darah terhambat akibat banyaknya area tubuh yang ditekuk. Selain itu, posisi duduk seperti ini juga berfungsi untuk memberikan keseimbangan berat tubuh yang ditopang oleh pinggang dan punggung.

 

 

4. Carilah dinding

 

Jika Anda ingin menghalau (atau justru memperbaiki) postur tubuh yang membungkuk karena terlalu lama duduk di balik meja kerja, maka carilah dinding kosong sebagai alat bantu latihan. Tempelkan bahu, bokong, dan betis Anda pada dinding. Setelahnya tempelkan leher dan kepala perlahan menempel pada dinding, lalu stretching perlahan hingga terasa tarikan di seluruh otot dan sendi. Tahan selama 30 detik, niscaya tubuh Anda akan merasa kembali rileks.

 

 

5. Putar lengan ke arah kaki bergantian


Rentang kedua tangan dengan posisi kedua kaki terbuka. Mulailah tarik tangan menyentuh pergelangan kaki kiri. Jika dirasa sulit, menyentuh lutut kiri saja sudah cukup. Lakukan bergantian sebanyak masing-masing 10 kali. Ulangi sebanyak tiga repitis.

 

 

Baca juga artikel
Tips Latihan Pull-Up untuk Bentuk Tubuh Torso Pria

Cara Sukses Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

Rahasia Mengapa Fisik Cristiano Ronaldo Sangat Kuat

 

 

 

 

 

 

 

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini