Health

5 Makanan yang Bisa Mengurangi Stres, Mulai dari Okra Sampai Salmon

  • 26 October 2018
  • Bagikan :

    (Okra/Unsplash)

    Uzone.id - Stres tidak hanya mengganggu kesehatan mental, tetapi juga memengaruhi kesehatan fisik kamu. Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat kerja jantung.

    Karena itu, stres bisa memicu beberapa reaksi pada tubuh, seperti tekanan darah meningkat dan pembuluh darah menyempit.

    Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa membantu meredam kondisi ini. Mengutip Reader’s Digest, ini lima makanan yang dapat mengurangi stres.

    Ikan salmon

    Salmon dapat menetralkan efek dari pelepasan hormon kortisol dan adrenalin. Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon dapat mengimbangi efek hormon-hormon tersebut.

    Baca: Mengenal Hipoglikemia, Kondisi yang Bisa Membahayakan Pasien Diabetes

    Shahzadi Devje, ahli diet di Toronto, Kanada, mengatakan, "Ini membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan respons tubuh terhadap stres."

    Okra

    Sayuran hijau ini mengandung asam folat (bentuk vitamin B yang larut dalam air yang menghasilkan dopamin). Ini merupakan hormon yang memicu perasaan bahagia.

    Kiwi

    Kiwi mengandung triptofan. Jyothi Rao, MD, salah satu penulis buku Finding Balance: Empower Yourself with Tools to Combat Stress and Illness, mengatakan, “Triptofan dapat berubah menjadi serotonin yang menenangkan saraf dan menstabilkan suasana hati.”

    Baca: Minum Susu Mentah Menyehatkan, Mitos atau Fakta

    Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa makan kiwi secara teratur dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak.

    Bayam

    Ketika lelah, otot-otot tubuh menegang. Saat ini pula, kamu tidak bisa berpikir jernih, sulit tidur, dan tekanan darah meningkat. Salah satu nutrisi yang dapat membantu meredakan gejala tersebut adalah magnesium.

    Namun ketika stres, kadar magnesium di dalam tubuh menurun. Untuk mengimbanginya, kamu bisa mengonsumsi bayam.

    Baca: Awas, Beberapa Makanan Ini Bikin Kamu Sembelit

    “Sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah makanan padat nutrisi, dan kaya akan magnesium,” kata David Nico, PhD, penulis Diet Diagnosis: Navigating the Maze of Health and Nutrition Plans.

    Wortel

    Menurut Mandy Enright, ahli gizi sekaligus penggagas Nutrition Nuptials, sayuran atau buah yang renyah merupakan makanan terbaik untuk mengurangi stres. Wortel, apel, atau seledri, misalnya.

    “Mengunyah makanan renyah bisa membantu meredakan ketegangan rahang, yang merupakan salah satu area utama di mana stres menumpuk,” kata Enright.