icon-category Health

5 Makanan yang Harus Anda Hindari saat Sarapan

Bagikan :

Semua orang tahu sarapan adalah ritual wajib yang tidak boleh dilewatkan. Apakah Anda punya cukup waktu untuk membuat sarapan sendiri sebelum berangkat, atau menyantapnya saat di jalan, sarapan dapat memberikan Anda energi untuk beraktivitas.

Namun, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Meski sarapan itu sendiri punya manfaat yang baik, tidak semua makanan punya khasiat yang baik pula. Nah, ini dia lima makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi saat sarapan.

1. Pastry (kue-kue)

Siapa yang tidak suka donut? Si bundar yang satu ini memang enak untuk disantap. Tapi tahukah Anda bahwa satu donut saja sudah mengandung 200-500 kalori. Belum lagi kandungan gulanya, satu donat bisa mengandung 25-50g gula. Jadi sebaiknya hindari makanan-makan seperti donut, croissant, dan jenis pastry lainnya.

2. Bagel

Satu bagel bisa mengandung sekitar 400 kalori dan 70g karbohidrat. Ini pun tidak termasuk topping seperti butter dan keju krim. Pemakaian butter untuk bagel bisa mencapai 40 kalori dan satu sendok krim keju sekitar 35 kalori. Nah, pikir-pikir lagi ya buat Anda yang suka makan bagel saat sarapan.

3. Daging olahan

Termasuk di dalamnya nugget ayam, bacon, dan sosis kemasan. Memang, menggoreng produk-produk daging olahan adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk sarapan. Namun, produk daging olahan ini mengandung lemak jenuh yang sebetulnya tidak baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi setiap hari, apalagi saat sarapan, Anda akan menumpuk lemak di dalam tubuh yang membuat Anda semakin gemuk.

4. Sereal

Peraturannya: Jangan mengonsumsi sereal yang berwarna-warni dan rasanya enak. Jadi selama sereal yang Anda makan itu cenderung hambar, seperti cornflakes atau yang terbuat dari gandum, maka aman-aman saja.

Sereal-sereal yang rasanya enak itu mengandung gula yang jumlahnya banyak. Anda tentu tahu apa yang terjadi jika mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak: Lonjakkan gula. Dan ini akan menyebabkan Anda cepat lapar kembali.

5. Mie instan

Makanan yang satu ini memang selalu jadi andalan di kala lapar (dan tidak punya uang). Selain praktis, rasanya juga cukup lezat. Tapi, mie instan sangat tidak dianjurkan untuk dimakan kala sarapan karena mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Sementara kandungan protein, serat, dan vitaminnya sangat rendah. Sehingga tidak dapat memenuhi kandungan gizi yang Anda butuhkan.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : bagel 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini