icon-category Travel

5 Masjid Terindah di Indonesia Ini Layak Dikunjungi Saat Liburan

  • 05 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

    Suara.com - Keindahan masjid di Indonesia ternyata sudah sampai telinga masyarakat mancanegara.

    Menurut theculturetrip.com, setidaknya ada lima masjid di Indonesia yang terkenal keindahannya dan menjadi objek wisata masyarakat Muslim dunia.

    Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

    Masjid ini terletak di jantung Provinsi Aceh. Pada 2004, masjid ini selamat dari tsunami dahsyat dan mampu melindungi ribuan pengungsi di dalam gedung yang masih kokoh berdiri. Setelah renovasi, masjid ini masih tetap mempertahankan desain aslinya. Selama konstruksi pertamanya pada 1879, bahan-bahan seperti tangga marmer, jendela, dan batu bangunan berasal dari China, Belgia, dan Belanda.

    Masjid Istiqlal, Jakarta

    Masjid agung ini mungkin salah satu bangunan paling penting di Indonesia, dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Bangunan ini didirikan sebagai bagian dari rasa syukur masyarakat Indonesia atas kemerdekaan, yang salah satunya disimbolkan oleh kubah pusat berdiameter 45 meter untuk memperingati tahun kemerdekaan. Masjid ini telah menjadi saksi hadirnya banyak tokoh penting dunia, antara lain Barack Obama, Raja Salman dari Arab Saudi, dan Angela Merkel.

    Masjid Islamic Center Samarinda, Samarinda

    Bangunan ini terletak di tepi Sungai Mahakam dan menjadi landmark ikonik Samarinda, Kalimantan Timur. Terinspirasi oleh Masjid Haghia Sophia Istanbul, Masjid Islamic Center Samarinda merupakan mahakarya arsitektur dengan tujuh menara yang menjulang tinggi dan kubah utama yang dihiasi pola bunga.

    Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah

    Letaknya di Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang. Kompleks masjid mencakup tiga bangunan utama dalam formasi U, yang menciptakan halaman luas dengan masjid di salah satu ujungnya. Bangunan ini menggabungkan prinsip-prinsip desain Jawa, yang mana atap pusat menyerupai rumah tradisional lokal, tetapi juga melambangkan langkah-langkah menuju kehadiran Tuhan.

    Masjid Cheng Ho, Surabaya

    Rumah ibadah bersejarah ini merupakan satu dari empat masjid yang dibangun untuk mengenang laksamana China, Cheng Ho, yang mengunjungi berbagai tempat di Indonesia. Seperti tiga masjid lainnya, arsitekturnya terlihat oriental, dengan pagoda dan banyak detail arsitektur khas China. Bentuk bangunannya sendiri terinspirasi oleh Masjid Niu Jie di Beijing, tetapi masjid ini juga menggabungkan desain lokal dan sentuhan Timur Tengah.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini