icon-category Digilife

5 Miliar Warga Dunia Sudah Punya Medsos, Paling Betah TikTokan

  • 06 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Saat ini, dari 8 miliar populasi di seluruh dunia, 5,6 miliar diantaranya sudah menjadi pengguna ponsel mobile dan sebanyak 5,35 miliar diantaranya sudah terhubung ke internet.

Dalam hasil survei global terbaru We Are Social Digital 2024, lebih dari 66 persen penduduk bumi kini menggunakan internet, dengan data terbaru menyebutkan total pengguna global mencapai 5,35 miliar.

“Pengguna internet telah tumbuh sebesar 1,8 persen selama 12 bulan terakhir, pertumbuhan ini berkat 97 juta pengguna baru sejak awal tahun 2023,” tulis We Are Social dalam hasil surveinya, dikutip Selasa, (06/2).

Selain pengguna internet yang kini sudah mencapai angka 5 miliar, pengguna platform media sosial juga sudah menyentuh angka 5 miliar per awal 2024 ini.

Sebanyak 5,03 miliar masyarakat di seluruh dunia sudah terhubung ke berbagai media sosial, naik sekitar 5,6 persen atau sekitar 230 jutaan pengguna dari 4,7 miliar di tahun 2023 lalu.

Dari semua media sosial yang ada, ternyata platform yang paling banyak digunakan adalah Facebook dengan pengguna aktif sebanyak 3 miliar user. Di posisi kedua ada YouTube dengan 2,4 miliar user, lalu WhatsApp dan Instagram dengan 2 miliar user, serta TikTok dengan 1,5 miliar user.

Di kategori penggunaan sehari-hari, WhatsApp menjadi yang paling sering dibuka/digunakan dengan persentase 83,2 persen, lalu Facebook dengan 64,1 persen, YouTube dengan 63,7 persen, Line dengan 62,9 persen, TikTok dengan 61,9 persen dan Instagram dengan 61,6 persen.

Sementara itu, untuk waktu penggunaan masing-masing platform, TikTok menjadi yang paling lama digunakan warga dunia setiap bulannya.

Tercatat dalam survei ini, pengguna TikTok rata-rata menghabiskan 34 jam per bulan untuk bermain TikTok. Selanjutnya, YouTube menjadi platform kedua yang menghabiskan waktu terbanyak dengan waktu 28 jam 5 menit per bulan, lalu ada Facebook dengan 19 jam 47 menit per bulan, WhatsApp dengan 17 jam 6 menit dan Instagram dengan 15 jam 50 menit.

Dari sekian banyak alasan kenapa warga dunia menggunakan media sosial, berkomunikasi dengan teman dan keluarga menjadi alasan yang paling banyak digunakan untuk bermain media sosial. Menghabiskan waktu luang juga jadi alasan lain kenapa mereka banyak menggunakan media sosial.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini