icon-category Technology

5 Produk Gagal Buatan Apple

  • 13 Mar 2017 WIB
  • Bagikan :

    Apple adalah salah satu perusahaan teknologi terkenal di dunia. Produk-produk ciptaannya laris di pasaran. Mulai dari iPhone, iPod, dan MacBook.

    Perusahaan yang didirikan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs pada 1 April 1976 itu telah menghasilkan puluhan produk berkelas. Siapa pun tahu produk Apple.

    Tapi, Apple juga pernah mengalami kegagalan. Beberapa produk ciptaannya banyak yang tak laku di pasaran. Tapi itu menjadi pelajaran bagi Apple untuk bisa lebih berkembang.

    Lalu, produk apa saja yang gagal dibuat oleh Apple? Berikut daftarnya dilansir laman The Richest, Senin, (13/3).

    Ini daftarnya...

     

    1. iPod Shuffle 3rd Generation

     

    iPod Shuffle 3rd Generation adalah jenis iPod terkecil yang dikeluarkan Apple. Meskipun kecil tapi kemampuan produk ini sama dengan jenis iPod lainnya.

    Untuk mengoperasikan iPod Shuffle 3rd Generation tidak ada tombol sama sekali. Dan itu membuat penggunanya kesulitan. Akibatnya, produk ini bisa dibilang sebagai salah satu produk gagal dari Apple.

    Tapi kegagalan itu menjadi pelajaran penting bagi Apple. Selanjutnya, Apple merilis iPod generasi keempat yang sudah dilengkapi tombol.

     

    2. MobileMe

     

    MobileMe adalah layanan website Apple yang dirilis terlalu cepat. Ya, Steve Jobs dalam sebuah wawancara mengatakan MobileMe diluncurkan terlalu terburu-buru dan tidak memenuhi standar Apple.

    MobileMe dirilis pada tahun 2008 lalu menawarkan mensinkronisasi detail iPhone dengan komputer berdasarkan layanan kontak dan website. MobileMe juga menawarkan layanan penyimpanan online.

    Sayangnya MobileMe tidak beroperasi dengan baik. Para pengguna mengkritik habis-habisa. Akhir pada 2 Agustus 2012, Apple menutup MobileMe dan menggantinya dengan iCloud.

     

    3. Apple Retail Store Bag

     

    Apple tak hanya berinovasi di bidang teknologi. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat juga berinovasi untuk urusan tas belanja. Sayangnya tas belanja Apple banyak dihujat oleh konsumennya karena terbuat dari kertas.

    Padahal Apple sudah merancang tas belanjanya dengan bahan daur ulang. Bahkan, sebuah bahan khusus melapis sisi dalam untuk memperkuat tas supaya tak gampang robek.

    Bagian pegangan turut dibuat dari serat kertas. Desainnya dibikin selentur tali sepatu, tidak seperti pegangan tas kertas pada umumnya yang kaku.

     

    4. eWorld

     

    eWorld adalah sebuah proyek yang dirilis Apple pada tahun 1994. Yaitu untuk menghubungkan seluruh pengguna Mac lewat sebuah komunitas online melalui jaringan Internet Service Provider yang tertutup.

    Saat diluncurkan eWorld cukup menarik perhatian. Tapi hanya berhasil menggaet 115.000 pengguna. Sementara saingannya AOL punya 3,5 juta pengguna. Sebenarnya eWorld menawarkan layanan yang lebih baik dari AOL, sayangnya eWorld hanya bisa digunakan oleh Mac saja. eWorld hanya bertahan hingga dua tahun.

     

    5. Apple QuickTake Camera

     

    Kamu percaya Apple pernah membuat kamera? Ya, dulu Apple pernah merambah bisnis kamera. Nama kamera itu adalah QuickTake. Kamera itu merupakan salah satu kamera digital konsumer pertama yang hadir di tahun 1994 hingga 1997.

    Meskipun QuickTake dibuat oleh Kodak dan Fujifilm, tapi produk itu di-branding untuk Apple. Dulu kamera yang memiliki resolusi 0,3 piksel dan memori 1 MB dibanderol dengan harga 749 dolar AS.

    Yakin Mau Beli iPhone 7 32GB? Baca Ini Dulu, Deh!
    Apple iPod, Pemutar Musik ala Steve Jobs yang Beranjak Remaja
    Astaga, Toko Apple Dibobol Maling dalam 15 Detik, Ini Videonya
    Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
    Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen
    Bantu Gajah Liar, Thailand Kembali Gelar Polo Gajah Piala Raja
    FOTO: Patung Lilin Trump Pakai Rambut Manusia
    'Siri Wale' Ritual Merawat Laut di Pulau Tomia
    Ini Patung Aneh Berusia 7000 Tahun yang Bikin Bingung Arkeolog
    Duka Tuk Sang Raja Pemersatu, Pecinta Fotografi dan Musik Jazz
    Ratusan Kios Pasar Senen Terbakar, Pedagang Terpukul
    Italia Tawarkan DPR RI Kapal Perang Canggih, Begini Penampakannya
    Tengok Yuk, Konsep Stadion Ramah Lingkungan Green Forest Rovers
    Protes Kebijakan Trump, Warga Meksiko Gelar Demonstrasi Besar
    Bawa Tesis S2, Rizieq Penuhi Panggilan Polda Jabar

    #Jakarta
    #Apple iPod
    #Produk Apple
    #Apple
    #Ponsel Gagal

     

    Tags : Apple ipod Ponsel Gagal 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini