home ×
Digilife

5 Profesi Kekinian yang Cuan, Tapi Berpotensi Dicurigai Babi Ngepet

30 April 2021 By
5 Profesi Kekinian yang Cuan, Tapi Berpotensi Dicurigai Babi Ngepet
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Babi ngepet tengah menjadi pembicaraan hangat di kalangan warganet tanah air. Hal ini bermula dari seorang tokoh masyarakat yang merekayasa keberadaan babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok.

Motif dari rekayasa tersebut adalah agar pelaku terkenal di kampungnya. Ia bahkan membeli anak babi secara online, kemudian menyusun skenario penangkapan babi.

Belum reda mengenai isu tersebut, muncul lagi kehebohan tentang Bu Wati. Namanya sempat menjadi bahan pembicaraan warganet, karena sebuah video.

Ia merupakan warga RW 10 Kampung Baru, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. VIdeonya viral, karena ia menuduh tetangganya melakukan pesugihan, gara-gara selalu berada di rumah namun banyak uang.

Dua fenomena tersebut tentu saja mengundang reaksi beraga dari warganet, bahkan public figure. Raditya Dika, misalnya. Lewat akun Instagram-nya, laki-laki yang akrab disapa Dika itu menulis, "Jalan udah berubah. Orang dari rumah aja bisa kok punya uang. "Gig economy" adalah pola kerja baru dimana orang ga perlu ngantor tapi cukup menukar keahlian mereka dengan uang."

Menyambung pembahasan Dika, di zaman teknologi sekarang, ada begitu banyak profesi yang tidak melulu harus bekerja di kantor.

Beberapa profesi ini tetap bisa cuan, meski hanya bekerja dari rumah (dan berpotensi dicurigai pesugihan oleh tetangga). Apa saja profesi tersebut?

YouTuber atau content creator

YouTuber merupakan salah satu profesi yang disebutkan oleh Dika dalam unggahannya. Masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda, juga semakin banyak yang menggeluti profesi ini. Teknologi menjadi kunci lahirnya YouTuber.

Ini merupakan profesi yang pekerjaannya mengunggah video di YouTube, entah video tutorial, review, jalan-jalan, dan lainnya.

YouTuber bisa mendapatkan uang dari iklan YouTube, atau di-endorse oleh brand ternama.

Tak cuma YouTuber, para content creator juga menjalankan pekerjaan serupa dengan memproduksi konten di media sosial dan tetap menghasilkan uang.

Trader saham

Menurut Dika, profesi lain yang bisa dikerjakan tanpa perlu ke kantor adalah trader saham. Saham memang tengah menjadi topik pembicaraan seksi di kalangan anak muda tanah air, terlebih selama pandemi COVID-19.

Beberapa waktu lalu, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Horas V.M. Tarihoran menyatakan, "Mungkin dua atau tiga tahun yang lalu, isu yang saya dengar-dengar di kalangan anak muda senangnya traveling, jalan-jalan, hidup hanya sekali, nikmati. Tapi menjelang ke sini, dua tahun belakangan ini, saya surprised, karena investasi menjadi pembicaraan yang seksi di kalangan anak muda.”

Menurutnya, sampai akhir Desember 2020, jumlah investor pasar modal alias Single Investor Identification (SID) di Indonesia mencapai 3,87 juta. Kemudian, satu hal yang menggembirakan, dari jumlah tersebut, sekitar 54,75 persen adalah investor yang berusia 30 tahun ke bawah.

Belakangan ini, tren investasi aset kripto juga semakin meningkat di tanah air.

Di awal Januari 2021, harga aset kripto Bitcoin sempat mencapai Rp500 juta. Angka ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Dibandingkan dengan tahun 2020, ada peningkatan harga Bitcoin sebanyak 400 persen dari sekitar Rp90 jutaan.

Tak cuma harganya yang melejit, jumlah investornya juga bertumbuh dari waktu ke waktu, khususnya di Indonesia. Dalam wawancara khusus dengan Uzone.id, COO Tokocrypto Indonesia, Teguh Kurniawan Harmanda menyatakan investor Bitcoin di tanah air menyentuh angka empat juta.

Freelancer

Freelancer merupakan orang-orang yang menawarkan jasa kepada klien. Mereka bekerja untuk diri sendiri, bukan perusahaan.

Ada beragam profesi yang bisa dilakukan secara freelance, seperti penulis, editor video, desainer grafis, dan lainnya.

Dika dalam unggahan yang sama juga menyebutkan ilustrator freelance merupakan profesi yang bisa dilakukan dari mana saja dan menghasilkan uang. Bahkan, profesi ini bisa memiliki klien dari luar negeri.

Web Developer

Web Developer merupakan profesi yang juga bersinggungan langsung dengan teknologi. Profesi ini bertuga membuat sebuah situs web. Profesi ini bertanggung jawab untuk coding sebagai instruksi, supaya situs web dapat bekerja dengan lancar.

Seperti dikutip Uzone.id dari The Balance Careers, pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk rumah. Bahkan, beberapa web developer bekerja secara freelance. Hampir setiap perusahaan kini membutuhkan situs web, jadi pekerjaan ini memiliki banyak peluang.

Penerjemah

Penerjemah merupakan profesi lain yang dapat dilakukan secara remote (jarak jauh) atau freelance. Penerjemah yang bekerja online mungkin dipekerjakan oleh perusahaan penerjemah, atau menerjemahkan artikel berita, web, dan buku.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article