icon-category Food

5 Sajian Bakso Populer yang Hanya Ada di Indonesia

  • 20 Aug 2018 WIB
Bagikan :

Tak hanya rendang atau soto, bakso merupakan salah satu sajian yang sangat populer di Indonesia. Bercita rasa gurih kuat dengan butiran bola-bola daging nan lembut, seporsi bakso sangat cocok disantap saat makan siang, malam, bahkan sajian selingan di sore hari. 

Karenanya, tak heran bakso sangat mudah dijumpai di berbagai tempat makan. Mulai dari kafe hingga bakso yang dijual menggunakan gerobak dorong. 

Dalam satu porsi bakso, biasanya disajikan bersama mi kuning, bihun, tetelan, dan sayur sawi atau tauge. Selain itu, ternyata ada beberapa variasi sajian bakso yang populer dan menjadi favorit banyak orang. 

Apa saja? Berikut kumparanFOOD sajikan lima jenis sajian bakso yang populer dan hanya ada di Indonesia. 

1. Bakso Malang

Sesuai namanya, bakso yang telah populer di berbagai daerah ini memang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Tak hanya berisi bakso dan mi atau bihun, seporsi bakso Malang biasanya disajikan bersama tambahan pangsit goreng, pangsit rebus, tahu bakso, dan bakso goreng yang renyah. Kombinasi berbagai macam bakso ini membuat seporsi bakso Malang begitu nikmat dan semakin mengenyangkan. 

2. Bakso beranak

Nama dan tampilannya yang unik membuat bakso ini sempat populer beberapa waktu lalu. Nama bakso beranak sendiri berasal dari sajiannya yang terdiri dari satu buah bakso berukuran besar yang diisi lagi dengan bakso halus kecil sehingga terlihat padat menggembung. 

Tak hanya diisi bakso kecil, bakso beranak juga sering diisi dengan tambahan telur puyuh atau telur ayam. Porsinya yang besar dan banyak ini membuat bakso beranak dapat disantap beramai-ramai. 

3. Bakso aci

Berasal dari Garut, Jawa Barat, bakso aci kini tengah menjadi primadona bagi para penyuka sajian bakso. Berbeda dari bakso biasa yang terbuat dari daging giling, sesuai namanya, bakso aci terbuat dari tepung aci atau tepung tapioka yang dibentuk bulatan kecil menyerupai kelereng. 

Teksturnya pun jauh lebih kenyal saat disantap. Sebagai variasi, bakso aci biasanya disajikan bersama potongan tahu goreng, pilus, kucuran jeruk nipis, dan siraman sambal pedas. 

4. Bakso ranjau

Meski namanya terdengar agak menyeramkan, namun jangan salah, bakso pedas ini merupakan salah satu bakso favorit yang populer, terutama bagi pecinta bakso bercita rasa pedas. Dinamakan bakso ranjau karena sajian ini terbuat dari bakso yang diisi sambal atau cacahan cabai pedas. 

Saat disantap, bakso ranjau akan menghasilkan sensasi pedas nan kuat di mulut seperti ranjau yang sedang meledak. Disajikan bersama kuah kaldu bening serta pelengkap bakso lainnya, bakso ranjau sangat cocok disantap sebagai menu makan siang menyegarkan. 

5. Bakso Solo

Selain bakso Malang, bakso dari kota Solo ini juga populer dan mudah dijumpai di berbagai tempat. Namun berbeda dari bakso Malang yang memiliki beragam varian isi, bakso Solo terlihat lebih sederhana dengan kuah kaldu yang bening dan begitu gurih saat diseruput. 

Biasanya seporsi bakso Solo terdiri dari beberapa butir bakso halus berukuran sedang, mi kuning, bihun, dan sayur sawi serta taoge. Meski isinya terbilang sedikit, namun rasa segar dan lembutnya bakso yang dihasilkan dijamin akan membuatmu ketagihan. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : bakso 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini