icon-category Lifestyle

5 Tanda Ramadan Segera Tiba, Nomor Satu Bikin Kesel!

  • 13 May 2018 WIB
  • Bagikan :

    Tidak terasa beberapa hari lagi umat Islam akan menyambut datangnya Ramadan, bulan dimana penganutnya akan berpuasa selama sebulan penuh.

    Itu artinya selama puasa, umat Islam akan menjalani pola hidup yang berbeda dari biasanya. Seperti bangun dini hari untuk makan sahur, lalu memperbanyak tadarus Alquran, salat subuh ke masjid, dan salat tarawih ke masjid.

    Tak hanya itu, datangnya Ramadan biasanya juga ditandai ciri-ciri yang sangat khas dan sangat melekat diingatan, apa saja?

    Berikut beberapa ciri khas menyambut Ramadan yang dirangkum Suara.com untuk mengingatkan kembali hal apa saja yang sangat identik menandakan bahwa Ramadan akan segera tiba.

    Harga Sembako Naik
    Ini mungkin satu-satunya tanda yang paling mengesalkan dan tidak dirindukan, khususnya oleh para ibu. Tapi, ini pasti terjadi. Setiap tahun jelang puasa dan Lebaran, harga bahan kebutuhan pokok pasti melonjak, seperti daging, ayam cabai, bawang, minyak goreng dan beras. Seperti yang terjadi saat ini, di beberapa pasar, harga sembako sudah merangkak naik.

    Pedagang sembako di Pasar Patra, Tanjung Duren, Jakarta, Selasa (19/12).

    2. Artis Rilis Lagu Religi
    Jelang Ramadan, sejumlah musisi baik penyanyi solo atau band mulai merilis atau me-recycle lagu-lagu bernuansa Islami. Dan Ramadan tahun ini, salah satu artis yang merilis lagu religi adalah Via Vallen berjudul Sempurnakan Langkahku.

    3. Program Religi
    Program tayangan religi biasa sudah mulai tayang sepekan jelang Ramadan. Entah sinetron, talkshow, lomba hafiz quran, kultum, atau sejarah Islam. Program religi tidak hanya tayang di televisi, tetapi juga radio, dan salah satu sinetron yang  tayang tahun ini adalah Mega Sinetron Ramadhan Cinta dan Doa yang dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal seperti Rhoma Irama, Ricca Rachim, Yati Octavia, dan lain-lain.

    4. Pedagang Takjil Bermunculan
    Jangan kaget jika menjelang Ramadan, pedagang takjil yang menjual berbagai hidangan buka puasa seperti kolak, kue basah dan kue kering, serta beragam minuman menyegarkan seperti es buah, timun suri, es cendol, es kelapa muda, dan aneka es lainnya mulai membuka lapak di pinggir jalan.

    Seperti jajanan es yang sedang fenomenal saat ini, yaitu es kepal Milo yang menjamur di mana-mana jelang Ramadan.

    Para pedagang takjil di Pasar Benhil, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2017). (Suara.com/Firsta Nodia)

    5. Iklan Sirup
    Nah, tanda yang satu merupakan yang paling identik dan dirindukan. Bahkan iklan sirup menjadi patokan yang paling khas untuk menandakan akan masuknya bulan Ramadan.

    Tema iklannya juga punya ciri tersendiri, seperti keluarga yang sedang menunggu azan Magrib tiba sambil memandang sirup segar yang ingin cepat-cepat ditenggak saat berbuka.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini