home ×
Digilife

5 Tipe Orang yang Sah-sah Aja Kamu Unfollow di Medsos

19 November 2019 By
5 Tipe Orang yang Sah-sah Aja Kamu Unfollow di Medsos
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sesekali, kamu mungkin pernah berpikir untuk unfriend atau unfollow teman di media sosial (medsos). Alasan yang melatarbelakangi itu bisa jadi beragam. Kamu barangkali kepingin unfollow orang yang tak kamu kenal di medsos demi privasi, atau lainnya.

Apa pun alasannya, unfollow orang di medsos sah-sah saja kok. Diane Gottsman, ahli etika asal Texas, Amerika Serikat, sekaligus penulis buku Modern Etiquette for a Better Life mengatakan unfriend seseorang bukan berarti kamu tidak menyukainya.

“Itu hanya berarti kamu memberikan batasan di medsos, dan kadang-kadang itu jauh lebih baik untuk sebuah hubungan,” katanya. Bahkan, ia menyatakan bila kamu merasa tidak aman di medsos karena berbagai alasan—entah lantaran bullying, stalking, intimidasi, atau hal lain yang menyakitkan hati—jangan ragu untuk menggunakan fitur block.

Nah, berikut ini beberapa orang yang layak kamu unfollow di medsos mengutip CNN.

Baca juga: Kini Kamu Bisa Pakai WiFi Gratis saat Naik Batik Air

Nama-nama yang tidak dikenal

Psikolog sosial, Erin Vogel mengatakan adalah wajar bila kamu terhubung dengan banyak orang di era sekarang. Terkadang, koneksi tersebut sangat baik. Di sisi lain, koneksi itu tak terlalu berfaedah untuk hidupmu.

Jadi, kalau tidak mengenal beberapa nama dalam daftar teman di medsos, jangan ragu untuk unfollow mereka.

Mantan pacar

Pada 2015, psikolog klinis, Suzana Flores mengungkapkan kepada Bustel, “Tujuh persen orang mengintai mantan (suami atau istri) mereka di medsos.”

Kamu perlu unfollow, jika mantan kamu mulai mengganggu tidur, aktivitas harian, dan kesehatan mental kamu.

Baca juga: Sekarang Nonton Video-video Uzone Sudah Bisa di MAXstream

Siapa pun yang menjatuhkan kamu

Kalau ada orang yang membuat kamu tidak nyaman dengan diri sendiri—entah dia adalah teman sekolah, kerabat, influencer, atau selebriti, kamu—jangan ragu untuk unfollow dia.

Vogel mengatakan medsos, seperti Facebook dan Twitter, dapat merusak kesehatan mental pengguna ketika orang membandingkan diri mereka dengan orang yang mereka follow.

"Influencer dibayar untuk membuat hidup mereka terlihat sempurna.  Follow mereka bisa membuat kita merasa hidup kita sendiri tidak setara," kata Vogel.

Lebih lanjut, ia mengatakan, "Penggunaan media sosial bisa menjadi racun ketika kita menggunakannya untuk membandingkan diri kita dengan versi ideal dari kehidupan orang lain.”

Baca juga: YouTuber Bisa Tambah Pundi-pundi Uang Pakai Stiker Ini

Orang yang menggembar-gemborkan isu politik

Medsos tak jarang dijadikan sebagai wadah bagi beberapa orang untuk  menggembar-gemborkan isu politik. Kalau kamu berasa dibombardir dengan unggahan soal politik di medsos, jangan merasa bersalah untuk unfollow orang tersebut.

Orang yang tidak lagi dekat dengan kamu

Kamu mungkin tidak lagi dekat dengan rekan kerja di perusahaan lama, beberapa teman kuliah, atau teman masa kecil. Jangan merasa bersalah untuk unfollow mereka.

Vogel mengatakan menghapus koneksi dengan mereka dapat membuat kamu memiliki lebih banyak ruang untuk orang-orang terdekat.

VIDEO Review Asus Zenfone 6

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article